Enam Siswa SMK Negeri 1 Purworejo Diterima di Akademi Toyota Indonesia

PURWOREJO, Enam siswa lulusan SMKN 1 Purworejo tahun ajaran 2018/2019 diterima di Akademi Toyota Indonesia (ATI) Karawang. Keenam siswa tersebut ialah, Rosa Tegar Valentika (jurusan Listrik), Muhamad Nur Alim Budiman (jurusan Listrik), Firman Aprilianto (jurusan Teknik Pemesinan), Feri Setiawan (jurusan Teknik Pemesinan), Firman Nur Ardiansyah (jurusan Teknik Pemesinan), dan Bagas Yudha Sudibyo (Teknik Pemesinan).
Selama di ATI, selain setelah lulus mendapat jaminan langsung kerja di OT Toyota, mereka juga mendapat beasiswa selama 2 tahun dan uang saku Rp 500 ribu perbulan. Ada juga yang menjadi atlet dan dikirim ke contes skill seperti Akhmad Tohani yang maju di Skill Contes di Thailand.
Kepala SMKN 1 Purworejo, Budiyono, S.Pd, M.Pd didampingi Dra Endang Isnaeni selaku guru bimbingan konseling (BK) menerangkan, sebenarnya ada 35 lulusan SMKN 1 yang mendaftar di ATI.

“Namun setelah melalui serangkaian seleksi seperti tes potensi akademis, psikotes, dan MCU yang dinyatakan lolos hanya 6 siswa, ” kata Endang, Senin (24/6).

Dituturkan, ada sejumlah persyaratan untuk bisa melanjutkan kuliah di ATI, diantaranya tinggi badan untuk pria minimal 165 cm dan wanita 160 cm. Syarat lainnya, harus masuk 10 besar dan nilai matematika minimal 70 serta memiliki sikap dan kepribadian yang baik.
Menurut Endang, tidak ada persiapan khusus untuk anak didiknya dalam menghadapi seleksi masuk ATI. Hanya sejak kelas XII sudah mulai dipetakan siapa saja siswa yang memiliki peluang masuk ke ATI.

“Selain itu hanya pengarahan dari kepala sekolah tentang bagaimana menghadapi tahapan seleksi di ATI,” ucap Endang.
Disebutkan, mereka yang diterima masuk ATI merupakan angkatan ke 5, sebelumnya pada angkatan pertama diterima 4 siswa, angkatan kedua 3 siswa, angkatan ketiga 2 siswa, dan angkatan keempat 5 siswa.
“Sebenarnya target kami 8 siswa namun baru bisa terealisasi 6 saja, ” imbuh Endang. (W5)

Tinggalkan Komentar