Dinpusip dan SMK ii Kutoarjo Gelar Workshop Robotika

KUTOARJO, Perpustakaan Daerah yang bernaung di bawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo Purworejo terus meningkatkan perannya dalam menumbuhkan literrasi masyarakat. 

Hal tersebut dikatakan Hery Susanto, S.IP., MM., Kabid Perpustakaan di sela-sela Workshop Robotika untuk Siswa SMP yang digelar atas kerja sama dengan Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Institut Indonesia (ii) Kutoarjo, Rabu (27/7).

Workshop yang digelar di Meeting Room gedung baru Perpustakaan Daerah di Kutoarjo itu mengadirkan dua pemateri, yakni Shinta Kususmastuti, ST, M.Pd dan Yushanafi, M.Pd. 

Lebih lanjut dikatakan, workshop yang direncanakan hanya untuk 30 peserta tersebut, ternyata melampui target hingga diiuti oleh 41 peserta.

Dari kiri Shinta Kusumastuti, Hery Susanto, Drs. H. Amat Rosidi dan Salwianto

Menurut Heri, petugas Perpustakaan Daerah tidak hanya duduk dan melayani masyarakat membaca buku. Tetapi pihaknya juga melakukan pembinaan dan pelatihan untuk Pustakawan sekolah-sekolah dan perpustakan di desa-desa.

“Bahkan sekarang Perpustakaan Daeran digabung dengan kearsipan kabupaten di bawah Dinpusip,” ungkap Heri.

Ditambahkan Heri pihaknya sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak dan komunitas manapun sepanjang dapat memberi manfaat positif bagi peningkatan literasi masyarakat Purworejo. 

“Kami menyabut baik kerjasama dan MoU yang terjalin dengan SMK ii Kutoarjo ini. Semoga nanti bisa tetap dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain yang berdampak positif bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Para peserta Workshop Robotika

Seperti kegiatan hari ini, ujar Heri, tedak hanya terbatas pada kegiatan baca buku tapi juga terkait dengan peningkatan literasi teknologi, produk kreatif, multi media dan yang lan.

Kepala SMK ii Kutoarjo, Drs. H. Amat Rosidi menyatakan sangat berterimakasih kepada Dinpusip atas terlaksanya kegiatan workshop. Menurutnya SMK ii memiliki 6 jurusan dan siap jika diberi kesempatan untuk ikut meningkatkan literasi masyarakat di bidang teknologi.

Sementara Kepala Jurusan TITL, Shinta Kusumastuti, ST., M.Pd., yang juga pemateri workshop mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi teknologi siswa SMP dalam bidang robotika yang saat ini penerapanya sudah merambah di berbagai bidang bahkan di peralatan rumah tangga sederhana. 

Selain untuk merangsang kreatifitas siswa, Robotika juga membawa siswa untuk menerapkan materi pelajaran sekolah seperti penerapan rumus aljabar, geometri dan teori probabilitas (kemungkinan).

Di akhir workshop robot hasil rakitan peserta dilombakan adu kecepatan

Penerapan teori Fisika, seperti rumus kecepatan, percepatan, gaya dan beban. Aplikasi komputer seperti teknik dasar pemograman, pungkas alumni teknik elektro UGM tersebut. 

Mewakili peserta dari SMP PMB 1 Pituruh, Dra Pujiyah, mengatakan anak didiknya sangat senang, mendapatkan ilmu dan pengalaman belajar baru serta bisa berkolaburasi dengan siswa SMP lain dalam workshop merakit robot lightfollower.

Dikatakan oleh tim panitia dari SMK ii, Salwianto, M.Pd., Workshop yang sedianya berlangsung pukul 09.00 -12.00 tersebut molor hingga jam 13.30. 

“Keseruan peserta melombakan robot hasil rakitannya membuat kegiatan molor. Tetapi secara umum, kegiatan berlangsung sukses. Peserta senang dan mendapat pengalaman baru terkait dengan teknologi dan sains,” pungkas laki-laki yang juga kepala BSC Purworejo itu. (Nas)

Tinggalkan Komentar