Dinilai Tim Kabupaten, Desa Klepu Masuk 6 Besar Lomba Hatinya PKK

BUTUH, TP PKK Kabupaten Purworejo terus menggencarkan program Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman PKK), di kecamatan dan desa maupun kelurahan. Puncaknya dilaksanakan lomba Hatinya PKK terutama penilaian rumah sehat. 

Lomba diawali Di Desa Klepu, Kecamatan Butuh, yang dibuka Wakil Ketua TP PKK Dra Erna Setyowati Said Romadhon di Balai Desa Klepu, Senin (11/10). Turut mendampingi Tim penilai Rahyuning Ruswardjito, Sri Bandu Sunardi, Suwarti, dan sejumlah pengurus PKK. 

Tim penilai diterima oleh Kepala Desa Klepu Sukiman, Ketua PKK Kecamatan Butuh, Gelis Utami, Ketua PKK Desa Klepu, Tri Lestari beserta pengurus PKK. 

Erna Said dalam sambutannya mengatakan, TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah ikut mensukseskan program pemerintah yang diwujudkan dalam 10 program PKK. Seperti menggerakan masyarakat untuk lebih peduli, berpatisipasi aktif dalam perbaikan lingkungan dengan menata rumah dan pekarangannya.  

“Saya berharap lomba ini sebagai salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya memanfaatkan halaman dan pekarangan. Selain hasilnya dapat untuk konsumsi keluarga juga bisa dikembangkan sebagai tambahan pendapatan ekonomi keluarga,” harap Erna Said.

Sementara itu Sukiman menjelaskan,  Desa klepu masuk dalam penilaian lomba mewakili kecamatan Butuh, merupakan hasil kerja keras bersama antara seluruh elemen baik masyarakat desa dan TP PKK Kecamatan Butuh. 

Hal ini dibuktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta kesadaran semua pihak untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba.

Dikatakan, letak Desa Klepu sangat stratrgis yaitu berada di pintu gerbang Kabupaten Purworejo yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen. Potensi tersebut terus kita kembangkan bersama agar dapat menunjang kesejateraan masyarakat.

Yakni pemerintah desa bekerjasama dengan smua lembaga desa yang ada termasuk PKK untuk mengolah potensi desa menjadi olahan siap jual. Seperti UP2K, UMKM, berupa olahan makanan ringan, kerajinan tangan, dan lain-lain.

“Dalam lomba ini, selain rumah sehat dan hatinya PKK, kami juga menampilkan produk lokal hasil pemanfaatan lahan pekarangan maupun hasil pertanian,” jelas Sukiman. (Nas)

 181 kali dilihat,  16 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *