Dilaunching, Spot Rumah Gizi di Puskesmas Pembantu Kledung Karangdalem

BANYUURIP, Puskesmas Pembantu Kledung Karangdalen, Kecamatan Banyuurip, melaunching Spot Rumah Gizi Mutiara Bunda, di halaman Puskesmas setempat, Jumat (16/11). Launching dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari, SE pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 dan Kampanye Kesehatan.
Disamping launching spot rumah gizi sekaligus dikukuhkan pos upaya kesehatan kerja Sehat Sentosa serta dikukuhkan Konselor Sebaya SMK YPP, SMK Bhakti Putra Bangsa, SMK Hasyim Ashari, dan SMP Mutiara Bangsa.
Lanuching dan pengukuhan tersebut juga disaksikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Sudarmi, MM, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Anny Retno P, SKM, MM, Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari, AP, MAP beserta Forkompinca, Kepala UPT Puskesmas Banyuurip Zumrotul Chomariyah SKM MPH, dan dinas instansi terkait.
Fatimah Verena Prihastyari SE mengatakan, launching spot rumah gizi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Masyarakat yang memiliki balita bermasalah agar rutin melakukan aktifitas di Spot Rumah Gizi, sehingga anak-anak bisa tumbuh kembang dengan baik.
Dikatakan, seruan Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan. Mulai dari kita, akan dapat mengubah wajah kesehatan Kabupaten Purworejo apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat.
“Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
“Saya menghimbau kepada masyarakat Kledung Karangdalem agar membiasakan diri berolah raga secara teratur, mengonsumsi beragam sayur dan buah, yang merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” tandas Fatimah.
Sementara itu Plt Kadinkes dr Sudarmi menjelaskan, momentum Hari Kesehatan ke-54 ini sebagai pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen masyarakat, organisasi kemasyarakatan, berperan serta dalam upaya kesehatan.
Dengan dilaunchingnya Spot Rumah Gizi di Kledungkarangdalem berati semua Puskesmas yang berjumlah 28 sudah memiliki Spot Rumah Gizi yang dikhususkan untuk melayani balita kurang gizi. (Nas)

Tinggalkan Komentar