Didanai APBD Rp 7 M, Ruas Jalan Kemiri-Pituruh Dilebarkan Jadi 6 Meter

PITURUH, Di tengah situasi pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Purworejo di tahun 2021 terus membenahi infrastruktur jalan dan jembatan di seluruh wilayah. Salah satunya yaitu proyek peningkatan jalan Kemiri – Pituruh yang saat ini pengerjaannya telah mencapai 65,3% dari rencana 52,8%, surplus 13%.

Proyek peningkatan jalan Kemiri – Pituruh dikerjakan oleh PT New Cakti dengan nilai kontrak sebesar Rp 7.147.670.000. Proyek APBD kabupaten tersebut mengerjakan pengaspalan jalan sepanjang 2,04 Km dengan lebar 6 meter dari Desa Prigelan sampai ke Pasar Pituruh. 

“Lebar jalan semula 4 meter, dilebarkan menjadi 6 meter ditambah bahu jalan 0,5 meter,” jelas Joko Prihono, pelaksana lapangan PT New Cakti, yang dihubungi Purworejo News, Rabu (15/9).

Dijelaskan, bahu jalan di ruas sebelah timur berupa lapis pondasi agregat kelas‒S yang berfungsi sebagai lapis perkerasan untuk bahu jalan. Sedang bahu jalan di sebelah barat berupa cor beton.

Joko Prihono

Proyek yang ditargetkan selesai 10 November itu kini tengah mengerjakan pelebaran di sebelah barat sepanjang 440 meter setelah pengaspalan lapis pertama rampung 1,6 Km di sebelah timur.

“Nantinya di ruas tertentu akan ditanami pohon ayoman tabebuya sebanyak 35 batang dengan jarak 20 m,” kata Joko.

Di samping itu juga ada pekerjaan saluran di area Pasar Pituruh yang selama ini tergenang air saat musim hujan. 

“Seluruh pekerjaan saya perkirakan akan selesai sebelum masa kontrak 10 November. Hujan tidak menjadi kendala pengerjaan,” pungkasnya. (Nas)

 291 kali dilihat,  56 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *