Dibangun dengan Dana Rp 18 M, Gedung Wanita Bakal Jadi Convention Hall Termegah di Purworejo

PURWOREJO, Gedung Wanita Ahmad Yani di Jalan Kolonel Sugiono Purworejo kini tengah direvitalisasi dengan dana APBD 2019 senilai Rp 18,8 miliar. Direncanakan bangunan baru Gedung Wanita akan menjadi dua lantai masing-masing berkapasitas 1.500 orang. Proyek tersebut mulai dikerjakan pada 14 Mei oleh PT Kusuma Karya dari Yogyakarta dan direncanakan selesai 26 Desember mendatang.

Site Manager PT Kusuma Karya, Joko Paryono, ST yang dihubungi di lokasi menjelaskan, saat ini pengerjaan proyek Gedung Wanita telah memasuki minggu ke-15 dari 33 minggu yang direncanakan sesuai dengan kontrak. Hasilnya telah mencapai 32,856%, melampaui 0,786% dari target 32,066%. Diharapkan proyek tersebut rampung sebelum masa kontrak berakhir.
“Alhamdulillah realisasi pekerjaan melampaui target meski hanya 0,786%. Ini antara lain karena didukung oleh cuaca yang baik selama pengerjaan,”ujar Paryono, Selasa (27/8).

Dijelaskan, hingga minggu ke-15 pekerjaan struktur bangunan yang meliputi pondasi borepile sebanyak 232 titik dengan kedalaman 8 meter, cor beton dan tiang penyangga mencapai 90%. Pondasi borepile adalah pondasi penyangga foot plate.

Berdasarkan kontrak, bangunan baru Gedung Wanita berlantai dua akan menjadi convention hall dengan panjang 45,025 meter dan lebar 34,135 meter. Gedung pertemuan itu akan dilengkapi dengan fasilitas lift dan tangga konvensional serta air conditioner (AC).
“Lift disediakan terutama bagi penyandang disabilitas dan untuk memudahkan mengangkut makanan ke lantai 2,”jelas Joko Paryono.
Selain itu, di bagian belakang gedung juga akan dibangun ruang genset 6X4 meter. Lantai gedung direncanakan berupa batu granit bermotif. Jika proyek itu selesai, maka Gedung Wanita akan jadi gedung pertemuan termegah di Purworejo. (Nas)

Tinggalkan Komentar