Dibandrol Rp 500 Juta: Gondes, Kambing Kaligesing Milik Sukiswanto

KALIGESING, Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, sejak dulu dikenal sebagai sentra pengembangan kambing Peranakan Ettawa (PE) atau Ras Kaligesing. Bahkan menurut Kepala Desa Pandanrejo, Supandi, kambing Ras Kaligesing mulai ada di desa itu sekitar tahun 1920an, hasil perkawinan silang dengan kambing asal daerah Ettawa, India.

Kini telah sekitar 100 tahun Kambing Kaligesing menjadi bagian dari kehidupan warga Pandanrejo. Kambing yang dulu bernama PE itu hingga kini masih eksis bahkan jadi ikon Desa Pandanrejo dan Purworejo sekaligus.

Adalah Sukiswanto (42), peternak kambing Kaligesing dari Desa Pandanrejo, yang kini memiliki dua ekor kambing Kaligesing super: Gondes dan Ferguso.

Sukiswanto diapit Gondes (kanan) dan Ferguso

“Gondes sudah ditawar orang Rp 250 juta ndak saya lepas. Saya minta Rp 500 juta,” tutur Sukiswanto saat menunggu kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Selasa (12/10) di Padepokan Goridampyak, tempat ekspose kambing RK Desa Pandanrejo. Sementara Ferguso sudah ditawar Rp 175 juta.

Dituturkan Sukiswanto, di usianya yang menginjak tiga tahun, Gondes telah banyak meraih gelar juara kontes kambing tingkat nasional. Ada sekitar 10 gelar yang diraih Gondes sejak 2018 lalu.

Pada usia setahun, Gondes telah meraih peringkat 9 pada Kontes Kambing Piala Presiden 2018 di Batu, Jawa Timur. Setahun kemudian Gondes berturut-turut meraih podium di berbagai kontes.

Menparekraf Sandiaga Uno menyempatkan diri mengelus kepala Gondes

Misalnya, juara 2 Jantan Kelas C Kontes Kambing Jenderal Sudirman Cup Open di Purbalingga, juara 2 Jantan Kelas C Bupati Magelang Cup 2019, Juara 4 Jantan Kelas C Kontes Nasional Kambing Kaligesing 2019.
Selanjutnya Juara 1 Jantan Kelas C Kontes Nasional di Nganjuk, Jatim, Juara 1 Bupati Bantul Cup 2019, Juara 1 Bupati Jombang Cup 2019, Juara 1 Kontes Kambing Nasional di Pasuruan 2019 dan sejumlah penghargaan lainnya.

Sementara itu Ferguso pernah juga menjuarai Bupati Cup Mega Gemilang, kontes kambing regional Jateng/DIY tahun 2019. Prestasi lainnya, juara 3 kelas jantan Kontes Nasional Kambing Kaligesing di Purworejo 2019, Juara 1 Kelas B Jantan Kontes Kambing PE di Nganjuk dan juara 4 Kelas Jantan B IGB Spectacular Contest 2019.

Menurut Sukiswanto, Gondes merupakan keturunan dari Ranuwijaya, kambing Kaligesing super yang berasal dari Malang. Meski dari Malang, asal-usul Ranuwijaya adalah Pandanrejo. (Nas)

 473 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *