Dibagi 2 Kloter, 311 Jamaah Calon Haji Purworejo Berangkat Mulai 28 Juni

PURWOREJO, Setelah dua tahun terakhir tertunda, tahun ini jamaah haji Kabupaten Purworejo dijadwalkan berangkat. Selasa (24/5) ini mereka mengikuti acara pembukaan Manasik Haji tingkat kabupaten tahun 1443 H/2022 M.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo Drs Fatkurrohman, M.Pdi menjelaskan, pelaksanaan bimbingan manasik haji di Kabupaten Purworejo dilaksanakan pada 24 – 25 Mei 2022. Sedang untuk bimbingan kelompok akan dilakukan pada 26 Mei-1 Juni 2022 di wilayah masing-masing kecamatan. 

“Jamaah cakon haji dari Purworejo tahun ini sebanyak 311 orang, berada pada kloter 37 dan 38. Akan diberangkatkan dari Purworejo mulai tanggal 28 Juni 2022 menuju asrama haji Donohudan Solo,” kata Fatkhurrahman

Selain itu, katanya lanjut, jamaah akan didampingi oleh PPIH Kloter sebanyak duq orang, yang terdiri atas satu orang ketua Kloter dan satu orang Pembimbing Ibadah, serta satu orang Pembimbing KBIHU untuk melayani dan satu orang membimbing seluruh jamaah selama proses pelaksanaan ibadah haji.

Pembukaan manasik haji di pendopo kabupaten

Acara dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Bambang Susilo, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, SE, MIP, MAP, Kepala Kemenag Drs Fatkurrohman, M.Pdi, Perwakilan Forkopimda serta unsur terkait lainnya.

Sementara itu Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM yang sambutannya dibacakan oleh Bambang Susilo mengharapkan pelaksanaan ibadah haji, dari manasik hingga berangkat haji dan pulang kembali ke tanah air, dapat berjalan dengan lancar, aman, selamat, serta bisa membawa predikat sebagai haji mabrur.

Dikatakan, berdasarkan informasi di Kementerian Agama melalui pantauan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Jawa Tengah per tanggal 19 Mei 2022, masa tunggu atau antrean berangkat haji sudah mencapai 63 tahun dengan jumlah daftar tunggu (waiting list) mencapai 864.665 orang. 

“Artinya kalau kita mendaftar haji pada hari ini, maka kemungkinan berangkat adalah sekitar tahun 2084. Hal ini berdasar estimasi kuota tahun ini yang hanya 45,6% dari kuota normal,” jelasnya.

Tahun ini Indonesia mendapat kuota 100.051 jamaah. Kita berharap tahun yang akan datang penyelenggaraan haji dapat memperoleh kuota normal yakni  221.000 jamaah atau bahkan bisa ditambah. (Nas)

Tinggalkan Komentar