Diapresiasi Wabup, SMK TKM Gelar Pelatihan PMR dan Donor Darah

PURWOREJO, Ketua PMI Kabupaten Purworejo yang juga Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH meninjau pelatihan Palang Merah Remaja (PMR). Acara yang digelar selama tiga hari ini diikuti oleh 30 siswa SMK TKM Purworejo, Rabu (24/3).

Yuli Hastuti mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pelatihan PMR itu. Wabup menitipkan pesan agar acara serupa dapat terus didorong agar dapat dilakukan secara rutin, untuk menumbuh kembangkan pengetahuan serta mengedukasi sejak dini tentang dunia kepalangmerahan. 

Lebih lanjut disampaikan, edukasi tentang donor darah, penanganan dan peranan PMI dalam kebencanaan sangat penting ditanamkan sejak dini. 

“Alhamdulillah semakin hari minat masyarakat untuk berdonor darah secara rutin semakin meningkat. PMI Kabupaten Purworejo terus mendorong agar semakin banyak orang yang tergugah untuk mau mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Wabup Yuli Hastuti didampingi Kepala SMK TKM Ku Gandung Ngadina memotivasi siswa

Yuli Hastuti berharap agar ketersedian stok darah di Kabupaten Purworejo selalu terjaga dan tersedia. Oleh karena itu dia mengajak masyarakat Purworejo makin banyak yang mendonorkan darah dan terbentuk jejaring para pendonor rutin yang semakin besar. 

Monggo yang belum pernah donor darah jangan takut. Donor darah mboten sakit lho justru menawi rutin donor darah malah sehat niku,” terangnya.

Ketua penyelenggara pelatihan PMR SMK TKM Purworejo Sohibul Arif menjelaskan bahwa tak semua siswa mengikuti PMR dikarenakan pandemi. Sehingga kegiatan PMR ini diikuti perwakilan siswa, masing-masing kelas mengirimkan 3 siswa dengan total 30 siswa. 

Lebih lanjut dijelaskan Arif, pada hari terakhir juga dilaksanakan Bhakti Sosial Donor Darah yang diperuntukan bagi seluruh keluarga besar SMK TKM Purworejo. 

“Setelah kegiatan pelatihan PMR , diharapkan para siswa dapat menjadi relawan-relawan di lingkungan sekolah serta siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bersinergi dengan PMI atau instansi lainya yang berkaitan dengan kepalangmerahan dan kebencanaan,” katanya. (**/Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *