Di Tengah Pandemi, Askab PSSI Purworejo Sukses Gelar Pelatihan Wasit Sepak Bola C3

PURWOREJO, Pandemi Covid-19 yang masih terus mendera tak menyurutkan semangat Pengurus Askab PSSI Kabupaten Purworejo untuk tetap menggelar Kursus Wasit Sepak bola C3. Acara yang berlangsung selama lima  hari mulai Minggu itu berakhir Kamis malam (15/7) di Gedung PKPN Purworejo.

Ketua penyelenggara Didik Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan itu berlangsung dengan prokes sangat ketat. “Peserta dibatasi kuotanya maksimal 40 orang. Semula ada 37 peserta yang mendaftar. Tapi setelah di swab antigen sebagai salah satu syarat utama, ada enam peserta yang dinyatakan reaktif sehingga pesertanya menjadi 31 orang,” jelas Didik.

Menurut Didik, para peserta juga dikarantina selama mengikuti pelatihan. Artinya, mereka tidak boleh keluar dari area kegiatan kecuali atas ijin panitia. Hal itu untuk membatasi mobilitas peserta.

Ketua Komite Penugasan Pengawas Pertandingan dan Wasit Purworejo itu menegaskan, swab antigen juga dilakukan kepada panitia dan instruktur. Didik mengatakan kursus wasit C3 ini diikuti peserta dari berbagai daerah.

“Peserta termuda berusia 16 tahun. Mereka berasal dari Pangandaran, Purwakarta, Sragen, Banyumas, Wonosobo,  Magelang. Dari Purworejo ada tujuh orang, ” jelas Didik.

Selama lima hari mereka mendapatkan materi, antara lain Laws of the Game (LOTG),  kebugaran, ujian teori, materi kepemimpinan, serta fitness test. Pematerinya, lanjut Didik, yakni Instruktur Teknik Rahmat Hidayat dan
Instruktur Fisik Hadi Suroso. Keduanya merupakan instruktur yang kompeten di bidangnya.

Didik berharap, dari kegiatan itu akan lahir wasit handal untuk memimpin pertandingan di tingkat kota atau kabupaten, sesuai kompetisi wasit C3. “Untuk peserta dari Purworejo kami juga berharap nantinya ada yang berminat melanjutkan ke level C2 yakni bisa memimpin pertandingan di tingkat provinsi,” harapnya.

Pelatihan wasit yang diadakan adalah untuk meningkatkan SDM serta regenerasi penerus kepengurusan berikutnya.
Ditambahkannya, bila tak ada aral melintang, pada akhir Agustus mendatang Askab PSSI Purworejo akan mengadakan kursus wasit untuk guru olah raga SD.

Diantara 31 peserta, ada tiga peserta wanita. Salah satunya Erada Hirawasti (18) asal Wonosobo. Mahasiswi semester 1
UNY Prodi Pendidikan Seni Tari tersebut mengaku memiliki hobi sepak bola sejak kelas tiga SMP.

Gadis berambut panjang yang pernah tergabung di GMM Kartini Wonosobo itu ingin agar dirinya tidak hanya bisa bermain bola tapi juga bisa mengetahui peraturan permainan bola. Menurutnya, wasit sepak bola masih langka sehingga ia berminat meneruskan pelatihan wasit di level berikutnya.

Erada yang pernah ikut kejuaraan Piala Pertiwi Jateng tahun 2019 itu juga ingin menjadi contoh bagi generasi milenial seangkatannya. Untuk itu ia serius mengikuti pelatihan kali ini, termasuk aktif dalam materi pembahasan yañg didiskusikan berdasarkan tayangan video yang ditayangkan. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *