Di Bulan Ramadhan, Napi dan Tahanan Diberi Kesempatan Jumpa Keluarga

PURWOREJO, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Purworejo menggelar buka puasa bersama petugas dan 127 warga binaan di Rutan Purworejo, Sabtu (25/5). Dalam kesempatan tersebut 10 warga binaan melakukan khotmil Qur’an. Selain itu juga diisi tausiyah oleh KH Farid dari Kantor Kemenag Purworejo.

Kepala Rutan Purworejo Lukman Agung Widodo menuturkan, buka puasa bersama bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan keakraban bagi sesama warga binaan, tahanan, dan keluarga warga binaan dengan petugas Rutan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan akan mempererat silaturahmi antar warga binaan dan keluarganya. Karena dalam pembinaan peran keluarga juga berperan aktif, ” kata Lukman.

Menurut Lukman, kegiatan buka bersama jangan hanya dimaknai dengan sekedar makan bersama saja, tapi lebih dari itu harus dimaknai sebagai ajang meningkatkan silaturahmi.

“Hal ini sangat penting karena menjelang hari Raya Idul Fitri warga binaan dan tahanan sangat merindukan bisa berkumpul dengan keluarganya. Karena itu kami memberi kesempatan kepada mereka, bahkan warga binaan yang tidak pernah dibezuk sama sekali oleh keluarganya kita jemput keluarganya untuk datang pada kegiatan ini untuk mengobati kerinduan mereka, “ucap Lukman.

Disebutkan, selama bulan Ramadhan kegiatan keagamaan di Rutan Purworejo ditingkatkan. Mulai dari sholat duha berjamaah, baca Al-Qur’an, pengajian hingga tadarus Al-Qur’an.

“Alhamdulillah pada acara buka bersama ini sudah ada 10 warga binaan yang khatam Al-Qur’an, ” terang Lukman.

Lukman berharap dengan kegiatan itu akan semakin terjalin tali silaturahmi, menambah persaudaraan antara warga binaan dan petugas.

“Bagaimanapun, entah itu narapidana, tahanan, maupun petugas kita adalah keluarga besar Rutan Purworejo, ” tandas Lukman. (W5)

Tinggalkan Komentar