Desain Busana Pesta Berbasis Android

Oleh: Desi Astuti

PERKEMBANGAN teknologi yang begitu cepat membuat perubahan di segala aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Siswa siswi Tata Busana SMK N 6 Purworejo kini mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran desain busana berbasis android. Pengunaan android ini sangat tepat karena semua siswa sudah memiliki android. 

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, dimana pembelajaran  desain busana secara digital masih menggunakan komputer atau leptop. Hanya satu atau dua anak dalam satu kelasnya yang memiliki leptop sehingga harus meminjam sekolah. Keterbatasan leptotp dari sekolahpun menjadi kendala tersendiri. 

Tahun 2022 ini pertama kalinya siswa tata busana kelas XI SMK N 6 Purworejo belajar desain busana berbasis android. Aplikasi desian busana yang tersedia di android ada beragam seperti fashion design flat sketch, wardrobe jurnal, sketch,  picart color paint, ibis paint x, dan masih banyak lainya. 

Namun pada akhirnya aplikasi yang kami gunakan adalah ibis paint x karena beberapa alasan diantaranya : guru sudah pernah mengikuti pelatihan desain busana pesta dengan ibis paint x secara online, dan aplikasi ibis paint x ini ringan  serta dapat  menggunakan  versi gratis.

Pada pembelajaran desain busana pesta wanita berbasis android ini menggunakan  model pembelajaran Projek Base learning. dengan sintak sebagai berikut :

1 mengajukan pertanyaan dasar  (essential question)2. Membuat perencanaan desain proyek (design projeck plain) 3. Menyususn penjadwalan (creating schedule) 4. Penyelesaian proyek dan Memonitoring (monitor the progress) 5. Menguji proses dan hasil (assess the outcome) 6. Evaluasi pengalaman (evaluate the experience). 

Pada langkah pertama, guru mengajukan pertanyan yang menggali pengetahuan awal siswa dan memancing minat siswa dengan menayangkan video motivasi desain digital sehingga siswa mengatahui manfaat mempelajari desain digital untuk penerapan di dunia kerja nantinya. 

Video yang kedua yaitu video tutorial desain busana dengan ibis paint x. Selanjutnya siswa dibagi menjadi tujuh kelompok untuk berdiskusi merencanakan proyek yaitu desain busana pesta pesta berbasis android. Setiap kelompok menyusun langkah membuat desain busana pesta dengan memnyesuaikan jadwal/waktu yang ditetapkan.

Desi Astuti

Setelah itu siswa mulai membuat desain busana dengan aplikasi ibis paint. Guru membimbing dan melakukan penilaian persiapan, proses dan sikap. Setelah selesai mereka akan mengirimkan hasilnya pada guru melalui group kelas. Guru akan menayangkan hasilnya pada layar LCD sehingga siswa lain dapat memperhatikan hasil karya temannya.  

Setiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya. Kelompok lain memberi tanggapan. Guru membimbing dan memberi masukan kepada siswa. Siswa yang mendapat masukan harus memperbaiki dan mengirim ulang. 

Siswa juga di motivasi untuk mengeshare hasil karyanya di sosial media. Pembuatan desain busana pesta wanita berbasis android ini juga berkolaborasi dengan mata pelajaran costum made sehingga hasil desain busana pesta berbasis android ini dapat direalisasikan menjadi baju pesta yang sesuai ukuran tubuh mereka sendiri. 

Refleksi dengan siswa menyatakan bahwa mereka awalnya merasa kesulitan dengan penggunaan android ini, tetapi mereka senang karena dinilai lebih cepat dan mudah dalam pewarnaan desain busana sesuai yang mereka inginkan. Siswa cukup satu kali membuat koleksi proporsi tubuh dan dapat digunakan berulang-ulang, Siswa dapat mengedit, mengirim, dan membagikan langsung ke social media mereka.

Ada fitur simpan dalam bnetuk video untuk mengabadikan setiap moment dalam menghasilkal desain busana yang bisa diupload di youtobe atau media social lainnya menambah ketertarikan siswa. Tersedia berbagai tool yang mendukung desain busana lebih menarik seperti text, brush, transform, dan sebagainya memudahkan siswa dalam melakukan pewarnaan.

Sedangkan tantangan yang dihadapi siswa adalah siswa harus jeli dan sabar karena menggambar di atas android hanya menggunakan jari saja. Perlu latihan berulang-ulang agar lebih memahami dan luwes. ***

Penulis adalah Guru Tata Busana SMK N 6 Purworejo

Tinggalkan Komentar