Desa Pamriyan Pituruh Alami Longsor Akibat Hujan Lebat

PITURUH, Hujan lebat yang terjadi pada hari Jumat (7/10) di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh menyebabkan terjadinya longsor dan kerusakan di beberapa titik desa tersebut. Selain menyebabkan satu rumah rusak parah dan tidak dapat ditempati kembali, tercatat beberapa ruas jalan terputus.

Kapolsek Pituruh AKP Saptohadi menyebutkan,
rumah yang rusak adalah milik Suyatno, warga RT 005 RW 02. Rumah Suyatno tidak dapat dihuni kembali karena mengalami keretakan parah akibat longsor di sekitar rumahnya.

Akses jalan poros di lingkungan RW 02 pun ambles sehingga tidak bisa dilewati kendaraan. Longsor juga mengakibatkan
sisi jembatan ambrol karena separuh jalan longsor.

Longsor yang terjadi di Pamriyan

Tak hanya itu. Jalan kabupaten di RT 001 RW 001 pun ambles sepanjang 20 meter. Separuh jalan rabat di wilayah itu juga longsor sepanjang 10 meter.

Selain kerusakan mayor di enam titik tersebut, masih ada beberapa kerusakan minor di beberapa titik lainya.

Kepala Desa Pamriyan, Budi Susilo kepada Purworejo News menyampaikan, meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun longsor kali ini mengakibatkan terputusnya ruas jalan yang vital karena menjadi akses warga

Kepala Desa Pamriyan Budi Susilo

Selain mengakibatkan satu rumah dan dua kandang kambing rusak total, kejadian itu juga menyebabkan putusnya jaringan listrik di wilayah tersebut. Itu karena ada satu tiang listrik roboh tertimpa pohon yang terkena longsor.

Budi berharap kondisi tersebut bisa segera pulih agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasanya. .”Kebutuhan utama saat ini adalah pemulihan jaringan listrik agar warga tenang untuk bisa mengantisipasi situasi,” kata Budi.

Hingga berita ini diturunkan listrik masih padam di wilayah tersebut. Jalan yang rusak pun masih belum bisa dilewati kendaraan, menunggu perbaikan dari pihak yang berwenang.

Tinggalkan Komentar