Debat Terbuka Kedua, KPU Akan Tambah Waktu Pemaparan Visi Misi Paslon

PURWOREJO, Debat Publik/Terbuka antar Paslon Pilbup Purworejo putaran kedua atau putaran terakhir akan digelar KPUD Purworejo pada Jumat malam (27/11) pukul 19.30 di Ganesha Convention Hall. Ketiga Paslon yaitu Agustinus Susanto-Rahmad Kabuli, Kuswanto-Kusnomo, dan Agus Bastian-Yuli Hastuti.

Dikonfirmasi Purworejonews, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, SDM, dan Kampanye, Akmaliya, S.Pd.I, hari Kamis (26/11) mengatakan, acara itu seperti pada putaran sebelumnya, disiarkan live melalui TVRI Jawa Tengah dengan hanya dihadiri tiga paslon serta komisioner KPU dan ketua Bawaslu. “Kali ini acara akan dipandu oleh Nia Sukma yang merupakan penyiar TVRI Jawa Tengah,” jelas Akmal.

Adapun tema yang diangkat kali ini adalah Harmonisasi Pembangunan Daerah dan Pusat dalam Memperkokoh NKRI. Akmaliya menyebut, dalam tema itu tercakup topik bahasan yang luas.

Terkait dengan konfirmasi kehadiran cawabup nomor 2 Kusnomo yang berhalangan hadir pada debat terbuka putaran pertama, LO Paslon nomor 2 Eri Widyo menyatakan kemungkinan yang bersangkutan dapat hadir pada debat besok. “Insya Allah bisa hadir. Kita lihat saja nanti,” ucap Eri.

Jika ketidakhadiran paslon selama dua kali berturut-turut dalam acara sosialisasi melalui forum debat terbuka yang diselenggarakan oleh KPU, Akmal menyebut, hal itu tidak akan memberikan efek apapun bagi yang bersangkutan, karena tidak ada sanksi dari KPU.

Kecuali, lanjut Akmal, bila yang bersangkutan menolak mengikuti acara debat tersebut. “Selama ada surat keterangan resmi yang mendukung alasan ketidakhadiran, maka KPU tidak memberikan sanksi apapun”.

Terkait evaluasi yang dilakukan setelah debat putaran pertama, Akmal menyebut bahwa evaluasi hanya berisfat internal seperti tambahan waktu setengah menit pada sesi pemaparan visi misi.

“Semula 1,5 menit menjadi 2 menit. Demikian juga dengan perubahan disain saat segmen tanya jawab. Bila sebelumnya 1 waktu untuk dua calon, besok hanya untuk satu paslon dan diberi pertanyaan secara bergilir,” jelasnya.

Adapun untuk peserta debat yang berada di dalam ruangan tidak mengalami perubahan yakni paslon, empat orang tim dari masing-masing paslon, komisioner KPU, ketua Bawaslu dan tim pemateri.

Akmal berpesan agar masing-masing paslon tidak perlu membawa pendukung ke lokasi acara.”Cukup menyaksikan dari saluran yang telah kami sediakan saja,” pungkas Akmal. (Dia)

 153 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *