Dapat Kuota 40% SNMPTN, SMAN 1 Purworejo Loloskan 52 Siswa

PURWOREJO, Sebagai sekolah berakreditasi A, SMAN 1 Purworejo mendapat kuota 40% siswa yang berhak mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Itu berarti dari 380 siswa, kuotanya diberikan untuk 149 siswa dari tiga program.

Koordinator Bimbingan Konseling (BK) SMAN 1 Baroto, S.Pd saat pengumuman SNMPTN pada Senin petang (22/3) menjelaskan, kuota 149 siswa itu terdiri atas 12 siswa dari Program Bahasa, 111 siswa program IPA, dan 26 siswa program IPS.

Dari 111 siswa program IPA, 20 siswa diantaranya berasal dari program SKS atau kelas percepatan. “Tapi tiga diantaranya tidak ikut seleksi SNMPTN karena mereka berminat mendaftar di sekolah ikatan dinas,” jelas Baroto.

Ia mengungkapkan, “Berdasarkan data, hingga pukul 19.00, jumlah siswa yang berhasil lolos sebanyak 52 orang. Mereka mendaftar ke PTN favorit seperti UGM, UNS, Undip, ITS, dan UNEJ”.

Baroto menegaskan, mereka yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN tidak bisa lagi mengikuti seleksi lain atau mundur alias tidak mengambil pilihan yang sudah mereka tentukan. Hal itu dapat berpengaruh pada sekolah karena bisa berakibat black list.

“Itu kami tegaskan kepada siswa yang mengikuti program SNMPTN agar mereka bersungguh-sungguh,” tandasnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar