Dampak Pandemi, Tahun 2020 Laka Lantas Turun, Tindak Pidana Naik

PURWOREJO, Pandemi yang berlangsung hampir 10 bulan di tahun 2020 membawa dampak menurunnya angka kecelakaan lalu lintas hingga 12,85% dibanding tahun 2019. Begitu pula dengan jumlah korban laka yang meninggal, turun hingga 22,3%.

Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, SIK, SH, M.Si menyampaikan hal tersebut usai menggelar apel persiapan pengamanan malam tahun baru, Kamis malam (31/12) didampingi pejabat Polres Purworejo.

Selain laka lantas, tren penurunan juga terjadi pada kejahatan transnasional yang menurun dari 14 menjadi sembilan perkara. Demikian juga dengan kasus yang mengakibatkan kerugian negara yang ditangani Polres, dari tahun 2019 ada dua perkara, tahun 2020 hanya menangani satu perkara.

Meski begitu, selama pandemi, kejahatan konvensional berupa tindak pidana mengalami kenaikan dari semula 156 menjadi 164 atau naik 8%. Kasus yang
paling menonjol adalah narkoba dan penipuan.

Kapolres juga menyampaikan bahwa saat ini Polres Purworejo memiliki Ruang Konsultasi Hukum Gratis yang membuka pelayanan 24 jam. “Silakan, masyarakat yang membutuhkan konsultasi hukum datang saja ke Mapolres, kami layani dan kami buka 24 jam,” tegas Kapolres.

Di tahun 2020 Polres Purworejo juga mendapat penilaian sebagai Polres yang melakukan akuntabilitas terbaik di Jateng.

Polres juga mendapat penghargaan dari Menteri PAN RB dengan mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). “Ini membanggakan karena dari ratusan polres yang mengajukan, hanya 30 yang mendapat predikat WBK. Salah satunya adalah Polres Purworejo,” kata Rizal Marito.

Tahun 2021 ini Kapolres berharap agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. Hal ini agar semua sektor dapat kembali pulih sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala. ( Dia)

 192 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *