Cuaca Ekstrem, Tinggi Gelombang di Perairan Selatan Purworejo Capai 6 Meter

PURWOREJO, Cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari ini mendapat perhatian khusus dari Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Budi Wibowo. Kepada Purworejo News, Rabu (25/5) sore, Budi mengatakan sampai akhir minggu ini cuaca ekstrem berupa hujan deras yang turun secara terus menerus masih akan terjadi.

“Masyarakat untuk tetap waspada terkait dengan cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Kenali tanda-tanda akan terjadinya bencana. Apabila hujan turun dalam jangka waktu dua jam tidak henti-henti agar segera mengungsi bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana,” himbaunya.

Selain itu Budi juga mengingatkan masyarakat agar kembali menggiatkan ronda untuk kesiapsiagaan. “Hal tersebut untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Cuaca anomali memang terjadi, yakni kondisi seharusnya saat ini sudah masuk musim kemarau namun hujan masih sering turun dengan intensitas tinggi.

Budi Wibowo

Menurut data dari BMKG, di perairan tinggi gelombang mencapai empat hingga enam meter dalam dua hari yakni kemarin dan hari ini (24-25/5).

Prakirawan BMKG, Adnan Dendy dalam rilisnya menyebutkan, gelombang tinggi berpeluang terjadi, termasuk di perairan Selatan Purworejo dan Samudra Hindia Selatan Purworejo.

Adnan pun menyampaikan peringatan akan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran baik perahu nelayan, kapal tongkang, kapal fery, maupun kapal ukuran besar termasuk kapal kargo dan kapal pesiar.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” himbaunya melalui edaran yang disampaikan kemarin. (Dia)

Tinggalkan Komentar