Covid-19 Menjauhkan, Perpustakaan Mendekatkan

BENER, Belum berakhirnya pandemi Covid-19 membuat mahasiswa semester akhir harus menjalankan KKN berbeda dari biasanya. Tema KKN Universitas Diponegoro kali ini adalah Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di mana mahasiswa akan melaksanakan KKN di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Salah satu mahasiswa bimbingan Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng bernama Chasanatul Maelani ini melaksanakan KKN di desanya sendiri yaitu Desa Kaliboto, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. 

Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan ini telah melaksanakan program utamanya yaitu mengelola perpustakaan desa. Perpustakaan desa yang baru didirikan oleh pemerintah desa ini bertujuan mendekatkan sumber informasi untuk masyarakat.

Rak buku di perpustakaan

Perpustakaan ini sebenarnya sudah dikelola oleh mahasiswa KKN dari universitas lain di periode sebelumnya. Namun karena tidak adanya pengetahuan dasar pengelolaan perpustakaan sehingga pengelolaan perpustakaannya masih belum sesuai standar.

Pengelolaan perpustakaan harus dilakukan mulai dari awal lagi. Dimulai dengan mendata buku yang sudah ada, memasukkan data buku ke buku induk, installasi aplikasi automasi perpustakaan, memasukkan data buku ke aplikasi automasi, klasifikasi buku, pelabelan buku, pengecapan dan selanjutnya siap dilayankan kepada masyarakat.

Pengelolaan koleksinya sudah selesai, sekarang perpustakaan akan membuka pendaftaran anggota dan donasi buku agar koleksi bukunya bertambah dan ilmu dari koleksi yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

Aplikasi Automasi Perpustakaan

Karena salah satu tujuan perpustakaan desa yaitu sebagai tempat pusat informasi, yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan dekat. 

Perpustakaan desa yang sebelumnya tidak ada sekarang sudah didirikan dan menyediakan bahan bacaan yang menjangkau keseluruhan masyarakat. 

Lebih dekat dengan buku melalui perpustakaan dan tingkatkan minat baca dengan mengunjungi Perpustakaan Balai Pintar Kaliboto.

Penulis : Chasanatul Maelani/Ilmu Perpustakaan. Dosen Pembimbing KKN : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST,M.Eng

 173 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *