Coblosan di Rutan Purworejo, 56 Warga Binaan Gunakan Hak Pilih

PURWOREJO, Warga binaan Rutan Purworejo mengunakan hak pilihnya pada Pilkada Purworejo, Rabu (17/12). Tercatat ada 56 narapidana dan tahanan asal Kabupaten Purworejo yang turut serta dalam pemilihan yang digelar di Aula Baharudin Loppa Rutan Purworejo atau TPS 11.

Dari perhitungan suara yang telah dilakukan oleh panitia dan disaksikan oleh saksi didapatkan rincian paslon 01 mendapatkan 11 suara, paslon 02 mendapatkan 14 suara dan paslon 03 mendapatkan 30 suara dengan jumlah suara yang tidak sah yaitu 2 suara.

Dijelaskan Karutan Purworejo Lukman Agung Wibowo, pemungutan suara di Rutan Purworejo dimulai pukul 07.00. “Penentuan lokasi ini atas dasar kerjasama dengan KPU Purworejo dan dikawal Personil Kepolisian dan Petugas Rutan Purworejo,” kata Lukman.

Dijelaskan, total keseluruhan sebanyak 63 WBP ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi pada pelaksanaannya hanya 56 WBP yang turut berpartisipasi karena enam WBP sudah menjalani asimilasi di rumah dan satu WBP telah pindah ke Rutan Kebumen.

Dirinya bersyukur pelaksanaan pemungutan suara di TPS 11 Rutan Purworejo berjalan aman. Seluruh WBP yang ditetapkan dalam DPT dapat menyalurkan hak pilihnya sebagai warga Kabupaten Purworejo.

“Kami membebaskan WBP untuk memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing dan tidak pernah sekalipun melakukan instruksi untuk condong ke salah satu paslon karena ini merupakan hak masing-masing. Saya juga selalu menghimbau kepada petugas untuk selalu bersikap netral sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN,” tegas Lukman.

Pada kegiatan itu seluruh Pejabat Struktural dan Petugas Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo turut hadir untuk melakukan pengamanan di tempat pemungutan suara di Rutan Purworejo. (Dia)

 217 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *