Cegah Peredaran Narkoba dan Penggunaan Sajam, Tim Gabungan Razia Penghuni Rutan

PURWOREJO, Sebanyak 65 personel gabungan melakukan razia gabungan di Rutan Kelas IIB Purworejo pada Selasa malam (6/4). Pada razia serentak yang dilakukan dalam rangka Hari Bakti Kemasyarakaran ke-57 Tahun 2021 itu petugas tidak menemukan barang maupun benda terlarang seperti narkoba maupun senjata tajam.

“Hanya ditemukan beberapa barang seperti korek api yang tidak mengandung risiko,” ungkap Kepala Satuan Pengamanan Rutan Rambat didampingi Kanitreskrim Polres Purworejo usai melakukan razia. Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan serentak di 18 kanwil yang berada di seluruh Indonesia.

Rambat menyebutkan, razia gabungan melibatkan 55 personel internal Rutan dan 10 personel dari Polres Purworejo. Diawali dengan apel bersama petugas di Aula Baharuddin Lopa, para petugas kemudian memeriksa satu persatu Warga Binaan Pemasyarajatan (WBP) sebelum menggeledah kamar tahanan.

Mereka dibagi dalam tiga tim yang melakukan razia di tiga blok yang berisi 177 WBP. Dari 177 WBP itu, lima diantaranya adalah wanita. Usai diperiksa satu persatu, para WBP kemudian dikumpulkan di aula untuk mendapatkan pengarahan dan pencerahan.

Razia yang dilakukan mulai pukul 20.10 itu berlangsung kurang lebih satu jam. Rambat
mengatakan, razia dilakukan sebagai deteksi dini keamanan dan ketertiban serta pemberantasan narkoba di dalam lapas. Dirinya bersyukur, razia dapat berjalan tertib dan lancar tanpa ditemukan barang dan benda terlarang. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *