Cari Maskot Tari Selain Ndolalak, PGRI Purworejo Gelar Lomba Tari Kreasi

PURWOREJO, Selain Ndolalak, diharapkan Kabupaten Purworejo memiliki maskot tari lain yang membanggakan. Untuk itu PGRI Kabupaten Purworejo mengawalinya dengan menggelar lomba tari kreasi. Hal itu disampaikan oleh Ketua PGRI Kabupaten Purworejo Irianto Gunawan saat membuka lomba tari kreasi di Aula Gedung PGRI, Rabu (23/11).

Irianto menjelaskan, lomba tari kreasi diadakan agar bisa menghasilkan peserta yang berprestasi serta menciptakan sebuah tari yang membanggakan Purworejo.

“Kemungkinan besar akan ada tarian selain Ndolalak yang akan jadi maskot tari di Purworejo. PGRI ingin mengawalinya dengan melibatkan juri yang profesional, yakni pekerja seni dan budayawan, serta praktisi,” ucap Irianto dalam sambutannya.

Ditambahkannya, tak hanya dalam lomba tari kreasi, pada lomba sebelumnya seperti nyanyi pun PGRI menghadirkan juri nasional dan profesional sehingga hasilnya berkualitas. Selain itu hasil lomba pun dapat diketahui secara transparan. Demikian pula saat pelaksanaan lomba olah raga.

Irianto menjelaskan, tahun lalu tari kreasi dari Purworejo meraih Juara 3 se-Jawa Tengah. Kali ini pun lomba diikuti peserta dari tiga kategori, yakni SMP, SMA/SMK, dan cabang PGRI se-kabupaten Purworejo.

Irianto Gunawan, lomba secara profesional dan transparan

Menurutnya, baru kali ini PGRI mengadakan lomba secara besar-besaran. “Dana yang terkumpul sebesar Rp 250 juta digunakan untuk mengadakan rangkaian kegiatan yang mengakomodir aspirasi dari bawah,” imbuhnya.

Tak hanya itu. Lomba pun mencakup semua lini usia, dari mulai PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan umum. Semua peserta selain mendapatkan piagam juga memperoleh piala dan uang pembinaan.

Irianto menandaskan bahwa tari kreasi merupakan kegiatan lomba terakhir yang diadakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-77 PGRI di Purworejo.

“Setelah ini acaranya berupa Upacara HUT PGRI tanggal 25 November di Alun-alun Purworejo yang akan diikuti sekitar 2.500 guru. Dilanjutkan tabur bunga di makam pahlawan. Selain itu juga resepsi pada tanggal 10 Desember bersamaan dengan penyerahan berbagai hadiah lomba,” pungkas Irianto. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *