Capaian Imunisasi Campak dan Rubella Rendah, Purworejo jadi Sasaran Sosialisasi Nasional

PURWOREJO, Masih rendahnya jumlah atau capaian imunisasi Campak dan Rubella serta kepadatan jumlah penduduk membuat Purworejo dipilh untuk melaksanakan program imunisasi Campak dan Rubella secara nasional. Disamping itu, kapasitas PMI Purworejo yang dipandang baik serta sukses dalam pelaksanaan program promosi kesehatan CovId-19 juga menjadi faktor pemilihan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh pengurus PMI Jawa Tengah Hartanto dalam acara sosialisasi program kampanye imunisasi campak dan rubella lintas stakeholder. Delegasi dari American Red Cross Muhrizal Haris serta Pengurs PMI Pusat Dewi Ariyani turut diundang dalam acara tersebut.

Kegiatan yang diadakan di Ganeca Convention Center, Sabtu (20/8) itu juga dihadiri ketua PMI Purworejo Yuli Hastuti serta 200-an peserta. Terdiri atas kades/lurah, kapuskesmas, camat, unsur stakeholder dinkes, serta MUI.

Ketua PMI Purworejo Yuli Hastuti beserta pemateri acara sosialisasi

Hartanto menambahkan, dalam kurun waktu lebih dari dua tahun saat pandemi Covid-19 melanda, lebih dari 80% pelayanan pada anak terhenti. Termasuk pelaksanaan campak rubella yang berpengaruh pada ibu hamil  untuk mencegah terjadinya keguguran dan berdampak pada bayi yang dikandungnya, yakni bisa berakibat tuli atau katarak.

“Di saat kondisi sudah mulai pulih, program nasional yang dilaksanakan secara reguler harus bangkit dan digalakkan kembali,” ujar Hartanto. Dipilihnya PMI sebagai pelaksana sosialisasi program tersebut, menurut Hartanto, karena dinilai punya jaringan yang luas hingga ke dasa. Termasuk mengantar jemput pasien.

Ditambahnya, kesusksesan pelaksanaan Program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di tahun 1995 hingga 1997 dapat kembali terulang di tahun ini.

Para kades dan lurah peserta sosialisasi

Di sisi lain, ketua PMI Purworejo Yuli Hastuti dalam sambutan tertulisnya menyampaikan,
pada kegiatan Program Nasional Pemerintah dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) kali ini, PMI Kabupaten Purworejo mendapat Program Promosi Kesehatan, termasuk didalamnya Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella Fase II di Pulau Jawa dan Bali.

PMI Purworejo pun mengapresiasi American Red Cross dan PMI Pusat yang telah mempercayakan kabupaten Purworejo menjadi lokasi kampanye imunisasi tersebut.

“Semoga program kampanye ini bisa¬† mendongkrak capaian imunisasi lengkap yang nantinya menjadikan anak -anak di Kabupaten Purworejo sehat serta bebas dari Campak dan Rubella,” pungkasnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan para kades dan lurah yang diundang dapat mensosialisasikan program imunisasi Campak dan Rubella di lingkungannya agar dapat memenuhi target. (Dia)

Tinggalkan Komentar