Cangkang Telur Bebek “Disulap” Jadi Sereal Lezat: Karya Inovatif Siswa SMAN 1 Purworejo

PURWOREJO, Cangkang telur bebek ternyata bisa diolah menjadi sereal yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Cukup dicampur dengan tepung, gula, dan kuning telur, cangkang telur bebek yang sudah ditumbuk halus lalu dioven, siap disantap bersama susu atau sebagai camilan nan lezat.

Karya inovatif yang diberi nama Secateb atau sereal cangkang telur bebek itu digagas oleh lima siswa SMAN 1 Purworejo untuk mengikuti Lomba Krenova Kabupaten Purworejo tahun 2022.

Kelimanya yakni Amaliah Vika Istiqomah (XI IPA 3), Fia Fitriana (IPA 2), Ilham Satrio Wibowo (IPA 3), Muhammad Farkhan Nasrulloh (MIPA 4), dan Tika Nugraheni (MIPA 7).

Ide pembuatan Secaleb, seperti dituturkan oleh ketua tim Vika, berawal dari banyaknya cangkang telur dari penjual martabak telur yang tidak terpakai. Ia pun mencari tahu pemanfaatan cangkang telur melalui YouTube. Akhirnya timbullah ide untuk membuat sereal dari cangkang telur tersebut.

Secaleb rasa coklat dan original nan lezat


Menurut Vika, berdasarkan literasi jurnal disebutkan bahwa masyarakat Indonesia masih kekurangan kalsium rata-rata 400 mg dari seharusnya 1.000 mg/hari. “Cangkang telur ini kandungan kalsiumnya tinggi. Penelitian menyebutkan, 30 gram cangkang telur memiliki kandungan kalisum tinggi yakni 11,52 gram,” jelasnya.

Cara pembuatannya pun relatif mudah. Cangkang telur dibersihkan dengan air mengalir, termasuk membran putih untuk menghilangkan amis.

Berikutnya dilakukan strerilisasi dengan cara direbus selama 15 hingga 20 menit lalu dicuci kembali dengan air mengalir, termasuk membran telur. Langkah selanjutnya cangkang telur dikukus untuk membunuh bakteri dan mengurangi kandungan air.

Setelah itu cangkang telur ditumbuk sampai halus lalu dicampur dengan tepung untuk disangrai. Berikutnya dicampur adonan gula dan kuning telur diuleni, lalu dimasukkan cetakan.

“Perbandingan antara tepung dan bubuk cangkang telur yakni 3 : 1. Hal itu, adalah untuk menghindari kelebihan kalsium,” terang Vika, Kamis (22/9).

Cangkang telur bebek yang ditumbuk agar menjadi tepung

Pada percobaan kali ini mereka membuat dua rasa sereal yakni original dan coklat. Saat Purworejo News mencoba Secaleb, memang
masih terasa krenyes-krenyesnya. Hal itu karena cangkang telur yang telah ditumbuk sedemikian halus masih menyisakan “kriyuk” khas cangkang telur.

Tapi jangan kuatir, tak sedikit pun tercium atau terasa amis dari cangkang telur bebek yang telah diolah menjadi sereal tersebut. Saat diuji coba kepada siswa SMAN 1 pun menurut penuturan mereka, banyak yang suka.

Satu kemasan pouch kecil sereal tersebut dijual seharga Rp 9.000 dengan keuntungan Rp 1.500 per kemasan. Memang terkesan mahal, namun bila dilihat dari kandungan kalsiumnya yang tinggi, harga tersebut dinilai sepadan.

Selain itu, mereka pun mengklaim belum ada produk sejenis di pasaran. Sereal ini pun dapat dikonsumsi tanpa susu alias bisa dijadikan camilan.

Dengan dibimbing Yuni Nurhayati, S. Kom dan Arwina, S.Pd. Si mereka berharap Secateb dapat diproduksi dalam jumlah banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalisum masyarakat. (Dia)

Tinggalkan Komentar