Bus Sumber Alam dan Damri Dinyatakan Laik Jalan untuk Angkutan Lebaran

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian memasang stiker angkutan lebaran tahun 2019 pada bus di sejumlah Perusahaan Otobus (PO) di Purworejo, Kamis (23/5). Puluhan bus di pool bus Perum Damri Batoh, Kecamatan Bayan, dan garasi PO Bus Sumber Alam di Kutoarjo, telah dinyatakan laik jalan setelah melalui sejumlah uji kelaikan kendaraan.

Turut mendampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti, Kapolres AKPB Indra Kurniawan Simangunsong, Kepala Staf Kodim Mayor Inf Sulistyono, Kepala Dinhub Agus Budi Supriyanto, Kepala Satpol PP dan Damkar Budi Wibowo dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bambang Gatot Seno Aji.

Peninjauan ini dilakukan untuk mengecek langsung kesiapan semua armada PO Bus yang ada di Kabupaten Purworejo. Dalam tinjauan tersebut Bupati menilai jika seluruh bus yang disiapkan telah laik untuk angkutan lebaran tahun 2019.

“Harapan kami seluruh PO Bus dapat memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat. Saya berharap semua kendaraan betul-betul laik jalan dan dapat membawa para pemudik ke tujuan dengan selamat,” kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar awak bus selalu dalam keadaan sehat ketika membawa kendaraan, sehingga tidak ada satu hal yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan.

Selain itu, awak bus juga diminta untuk selalu mempersiapkan dan memenuhi semua peralatan yang diperlukan selama menempuh perjalanan mengantar penumpang.

“Pastikan ban, rem selalu dicek, surat-surat juga harus dilengkapi. Jangan sampai pengemudi menggunakan obat-obatan terlarang, termasuk meminum obat anti ngantuk juga bisa berbahaya,” tandasnya.

Para pengemudi bus juga diminta untuk selalu memperhatikan kenyamanan dan kenyamanan penumpang. Selalu berhati-hati dalam mengemudi dan tidak mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan.

“Perhatikan penumpang yang dibawa, harus berhati-hati tidak perlu ngebut. Berikan perjalanan yang menyenangkan dan membahagikan bagi para pemudik yang ingin segera bersilaturahmi dengan saudaranya didaerah,” imbuhnya.

Pada angkutan mudik lebaran tahun 2019, pool Damri Cabang Purworejo telah menyiapkan sekitar 50 unit kendaraan. Sebanyak 46 trayek melayani trayek ke Jakarta, dan 4 trayek ke arah Bandara Adisucipto Yogyakarta.

“Semua dalam kondisi laik jalan dan diharapkan dapat membawa pemudik dengan lancar dan nyaman. Jika ada lonjakan penumpang, kami akan meminta bantuan dari Damri cabang lain,” terang Panca Heru Setiawan selaku Area Manager Perum Damri Regional II Semarang.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sumber Alam Ekspres Kutoarjo, Anthony Steven Hambali menjelaskan untuk menyambut angkutan lebaran tahun 2019 pihaknya telah menyiapkan 117 armada dengan perincian, 18 bus AC toilet, 9 bus AC non toilet, 25 bus AC ekonomi, 45 bus patas, 14 shuttle, 6 bus pariwisata (cadangan).

Dikatakan Steven, hingga saat ini pihaknya telah menerima pemesanan tiket sebanyak 5.000 penumpang untuk arus mudik dan arus balik. Selama ini pihaknya selalu melaksanakan pengujian kelaikan kendaraan. Para pengemudi dan awak bus juga melakukan cek kesehatan secara berkala.

“Semua armada laik jalan, dan untuk memberi rasa aman dan nyaman setiap bus kita menggunakan dua supir agar bisa bergantian,” ujar Toni. (W5)

Tinggalkan Komentar