Bupati Sidak di Pasar Kutoarjo, Pedagang Minta Pasar Dibangun Lagi Tapi 1 Lantai

KUTOARJO, Para pedagang Pasar Kutoarjo mengeluhkan kondisi pasar yang kumuh, atap bocor, listrik mati saat hujan dan kerusakan pada fasilitas umum. Selain itu juga banyak pedagang kaki lima membuka lapak di luar pasar yang dituding sebagai penyebab pasar sepi.

Keluhan tersebut disampaikan kepada Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Kutoarjo, Kamis (6/10). Sidak dilakukan untuk melihat langsung kondisi pasar yang dibangun tahun 1997.

Sejumlah pedagang di lantai dua Pasar Kutoarjo mengeluhkan kondisi pasar yang bocor saat hujan serta lampu penerangan pasar yang mati. Mereka juga mengusulkan agar pasar yang dibangun pada tahun 1997 itu dibangun kembali menjadi hanya satu lantai. 

“Pak Bupati, mbok pasar ini dibangun lagi. Satu lantai saja supaya pasar ramai. Kondisi sekarang sepi, apalagi banyak pedagang yang jualan di luar,” ujar Mundiarti, seorang pedagang kelontong.

Menurut Mundiarti jika pasar hanya satu lantai, dagangan mereka akan laris. Hal itu karena kebanyakan pembeli memilih untuk tidak naik ke lantai dua.

Bupati berdialog dengan para pedagang

“Apalagi dengan semakin banyaknya pedagang yang menggelar lapak di pinggir jalan sekitar luar pasar, lantai dua semakin sepi pembeli,” kata pedagang lain.

Menanggapi hal itu, Bupati meminta pedagang untuk bersabar karena kondisi ekonomi saat ini memang sedang sulit akibat inflasi. Pihaknya ke depan akan melakukan pembenahan dan penataan pasar menjadi lebih baik.

“Tadi saya lihat kondisi pasar, kumuh, fasilitas umum juga banyak yang rusak. Banyak kios terutama di lantai dua yang pintunya rusak. Lampu juga banyak yang mati. Saya minta pengelola lebih sigap dalam mengelola pasar,” tegas Bupati.

Untuk diketahui, perjanjian Hak Guna Bangunan (HGB) atas Hak Pengelolaan (HPL) Pasar Kutoarjo antara Pemkab Purworejo dan PT KBPP berlaku selama 30 tahun dan akan berakhir pada tahun 2028.

“Pasar ini kan sewanya sampai tahun 2028, besok akan kita programkan untuk dilakukan pembangunan kembali Pasar Kutoarjo pada tahun 2028. Sementara ini, nantinya akan dilakukan perbaikan dan pembenahan infrastruktur pasar,” terang Bupati. (Adv)

Tinggalkan Komentar