Bupati Saba Desa di Ngombol, Persoalan Pertanian Kembali Dikeluhkan Warga

NGOMBOL, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM kembali melakukan kegiatan Bupati Saba Desa (BSD), di wilayah Kecamatan Ngombol, Kamis (26/7). Kali ini Bupati beserta rombongan mengunjungi Desa Rasukan, Briyan, Jombang, Kaliwungu Lor, Sumberejo dan Desa Mendiro.  

Turut serta dalam rombongan diantaranya Staf Ahli Bupati Rita Purnama, Kepala Dinas PUPR Suranto, Kepala Dinas Dukcapil Dr Akhmad Kasinu, Kepala Dinas LHP Wiyoto Harjono, Kepala Dinas KUKMP Gatot Suprapto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hadi Sadsilo.

Selain menyerahkan BLT Dana Desa dan Santunan dari Baznas, Bupati berdialog dengan warga setempat. Terdapat beberapa keluhan dan usulan warga, diantaranya penambahan lampu penerangan jalan umum (LPJU), permohonan bantuan alat pertanian, kekurangan pupuk subsidi, pembangunan jalan usaha tani, serta pengadaan air untuk musim tanam 3.

Bupati Agus Bastian mengungkapkan, penerangan jalan desa semestinya dapat dianggarkan melalui Dana Desa. Sedangkan untuk jalan poros desa dan jalan kabupaten dirinya akan meminta Dinas Perhubungan agar melakukan survey lokasi dan segera ditindak lanjuti.

Bupati menyerahkan bantuan Baznas

“Mengenai harga pupuk, itu adalah kewenangan pemerintah pusat. Sehingga daerah tidak dapat mengintervensi alokasi kuota pupuk. Karena menurut aturan setiap petani sudah ada jatahnya masing-masing,” tandas Bupati.

Selain itu, Bupati juga telah mencoba mencari solusi dengan memberikan subsidi melalui APBD, namun hal itu tidak diperkenankan secara aturan.

Terkait permohonan bantuan alat pertanian berupa combine, bupati menegaskan, masyarakat dapat mengajukan proposal melalui kelompok tani untuk dapat memperoleh bantuan alat tersebut. 

Bupati berkomitmen akan menyampaikan aspirasi masyarakat ke Kementerian terkait. Namun Bupati tidak menjanjikan realisasinya karena banyaknya desa yang juga meminta bantuan tersebut. (Nas)

Tinggalkan Komentar