Bupati Saba Desa di Kaliwungu Membawa Berkah Bagi Mbah Jamal

BRUNO, Untuk kali kesekian Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM menginap di rumah warga. Kegiatan bermalam di desa merupakan hal rutin bupati yang dikemas dalam program Bupati Saba Desa. Namun dalam Bupati Saba Desa edisi Agustus 2019 di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Senin (26/8) itu sedikit berbeda dari biasanya.

Kali ini Agus Bastian tinggal di kediaman Mbah Jamal (70) yang sedang menderita sakit. Saat bupati tiba di rumah tersebut, Mbah Jamal bahkan tak bisa beranjak dari tempat tidurnya. Justru bupati yang masuk ke kamar menemui Mbah Jamal yang sedang terbaring lemah.

Mbah Jamal adalah warga termiskin di Dusun Cacaban RT 04 RW II Desa Kaluwungu, Kecamatan Bruno. Mbah Jamal menempati rumah tidak layak huni (RTLH) dan belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Mbah Jamal berputra tiga, yakni Lepot, Reged dan Mutinah.

“Ibu sudah lama meninggal, kondisi bapak juga sudah sakit sepuh dan hanya tinggal bersama Lepot karena saya dan Reged ikut suaminya,”tutur Mutinah kepada Bupati.

Selama bupati Agus Bastian di rumah Mbah Jamal, banyak warga sekitar yang berdatangan untuk menyempatkan bersalaman dengan orang nomor satu di Purworejo itu. Tak hanya orangtua, anak-anak pun ramai-ramai minta foto bersama.

Dalam kesempatan itu Bupati Agus Bastian memberikan bantuan televisi 22 inc lengkap dengan parabolanya.

Kulo paringi tv purun, kagem hiburan?,”tanya bupati kepada Mbah Jamal sebelum memberi bantuan.

Mutinah yang mewakili keluarga langsung mengiyakan tawaran bupati sambil berucap terimakasih. Namun begitu Mutinah juga mengaku bingung mendapat pemberian televisi lantaran rumahnya belum dipasang listrik.

“Ya sudah nanti sekalian dibantu pasang lstriknya biar bisa nonton tv,”ucap bupati begitu mendengar keluhan Mutinah.

Selain itu bupati juga berjanji akan memperbaiki rumah Mbah Jamal agar layak huni.

“Rumah ini kan belum ada kamar mandi dan lantainya masih tanah, nanti kita bantu renovasi,”terang bupati.

Malam itu seperti malam yang penuh berkah bagi Mbah Jamal dan anak-anaknya. Betapa tidak. Selain bertemu dengan bupati, mereka juga mendapat rejeki nomplok berupa bantuan televisi berikut parabolanya. Bahkan mendapat janji akan merenovasi rumah berikut pemasangan listriknya. (W5)

Tinggalkan Komentar