Bupati Purworejo akan Wajibkan ASN Beli Beras Lokal Premium

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM menyatakan akan mewajibkan tiap Aparatur Sipil Negara (ASN) membeli beras lokal berkualitas premium. Sehingga diharapkan dapat memotivasi petani untuk berlomba-lomba lebih produktif dalam bertani.

“Ke depan tagline Tresno Purworejo Larisi Purworejo akan terus kita galakkan,” tegas Bupati saat menghadiri acara silaturahim dengan Tenaga Harian Lepas – Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Kabupaten Purworejo, di Hotel Ganesha, Kamis (18/3). Acara dihadiri Sekda Drs Said Romadhon dan Kepala Dinas PPKP Wasit Diono, S.Sos.

Bupati mengatakan, walaupun pendemi, sektor pertanian mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh THL-TBPP karena telah aktif melakukan pendampingan serta membantu tugas penyuluh PNS.

“Pembangunan pertanian yang dijalankan di Indonesia telah memberikan pelajaran berharga bahwa kegiatan penyuluhan pertanian bukanlah sekedar faktor pelancar tetapi terbukti sebagai pemegang kunci keberhasilan dari sektor pertanian,” ungkap Bupati.

Dikatakannya, melalui penyuluh pertanian, teknologi baru yang berkaitan dengan perbaikan usaha tani dapat diadopsi oleh para petani. Penyuluh pertanian juga dijadikan ujung tombak dalam upaya penanganan masalah kritis baik preventif maupun represif.

Ditegaskan Bupati, keberadaan THL-TBPP sangat penting untuk mengatasi kekurangan tenaga penyuluh PNS yang setiap tahun terus berkurang. Penyebabnya, karena purna tugas, sedangkan rekrutmen tenaga penyuluh baru sangat minim.

Ketua Paguyuban THL-TBPP Agus Nugroho mengungkapkan, paguyuban THL-TBPP siap mensukseskan program pemerintah daerah maupun pemerintah pusat di sektor pertanian.

Ia berharap THL-TBPP dapat masuk dalam program P3K untuk meningkatkan kesejahteraanya. “Kami dari paguyuban sudah matur tentang permohonan tersebut dan akan diupayakan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (**/Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *