Bupati: Pimpinan OPD agar Beri Ruang Bagi Pejabat Fungsional untuk Berkreasi

PURWOREJO, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE, MM menegaskan, Pemkab Purworejo sangat mendukung adanya Jabatan Fungsional, karena jabatan ini mempunyai butir kegiatan yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan secara spesifik berkaitan hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatannya.

“Saya minta seluruh pimpinan Perangkat Daerah (PD) agar memperhatikan keberadaan pejabat fungsional di instansinya masing-masing,” tandas Bupati usai melantik dan mengambil sumpah/janji 33 pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Purworejo, di Ruang Arahiwang Setda, Senin (5/4). Pelantikan dihadiri Sekda Said Romadhon, dan sejumlah pejabat terkait.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, PD diharapkan dapat memberikan ruang yang cukup bagi pejabat fungsional untuk terus berkreasi dan berinovasi, termasuk dalam pengembangan karirnya.

Pelantikan pejabat fungsional

Bupati berharap pejabat fungsional yang dilantik dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya dengan dukungan pengembangan kompetensi diri, dedikasi serta integritas yang tinggi menuju birokrasi yang professional, bersih, transparan dan akuntabel.

Bupati menambahkan, berbagai kebijakan selalu dikaji dan diperbaharui untuk memenuhi standar kompetensi dan meningkatkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal itu dilakukan dalam rangka memenuhi harapan dan tuntutan publik terhadap kinerja Pemerintah,. 

Terkait dengan tagline Purworejo Berdaya Saing Tahun 2025, Bupati berharap agar pejabat fungsional bisa turut memberikan kontribusi secara aktif. Utamanya dalam mewujudkan salah satu misi yakni mewujudkan sumberdaya manusia yang berdaya saing.

Pengambilan sumpah dan janji pejabat fungsionsl

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purworejo drg Nancy Megawati Hadisusilo, MM menjelaskan, 33 pejabat fungsional itu dilantik karena telah memenuhi syarat administratif, memiliki kualifikasi tertentu, memiliki keahlian dan keterampilan sesuai dengan pendidikan.

Pengangakatan pejabat fungsional tersebut telah sesuai dengan amanat  Permenpan-RB, bahwa batas akhir alih jabatan Pejabat Fungsional secara inpassing hingga 6 April 2021.
Nancy berharap, pada tahun 2021 seluruh PNS di Kabupaten Purworejo dapat bekerja lebih fokus, terutama dalam mendukung dan mensukseskan Visi dan Misi Bupati. 

“Kita semua dalam bekerja harus selalu sesuai dengan aturan. Karena ke depan di tahun 2024 kita akan menuju ke SMART ASN,” katanya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *