Bupati Pastikan Pilkades Serentak Berlangsung Aman dan Kondusif

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM memastikan pelaksanaan pilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar serentak Kamis (31/1), berlangsung aman dan kondusif. Kepastian situasi aman itu dibuktikan setelah Bupati bersama Forkopimda, Ketua DPRD Luhur Pambudi ST MM, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setyadi SSos, Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji SE MM, beserta dinas instansi terkait, hari ini Kamis (31/1) langsung turun ke desa-desa.

“Alhamdulillah desa yang kami pantau semua kondusif, hampir tidak ada masalah. Bahkan saya berharap tidak hanya pada pelaksanaan coblosan saja, tapi setelah ini, agar paska Pilkades masyarakat tetap menjaga ketertiban keamanan. Sehingga masyarakat akan tetap beraktifitas seperti biasa,” tutur Bupati.

Menurutnya, Pilkades ini juga akan dievaluasi untuk penyempurnaan Pilkades ke depan. Terutama masing-masing desa harus memahami aturan yang berlaku. Dengan melaksanakan Pilkades sesuai aturan, maka semua akan berjalan baik. Peran desa dan masyarakat, sangat dibutuhkan untuk kelancaran Pilkades.

Monitoring diawali di TPS Desa Trirejo, Kecamatan Loano. Monitoring kemudian dilanjutkan ke Desa Popongan, Kecamatan Banyuurip, Desa Keduren, Kecamatan Purwodadi, Desa Bragolan Kecamatan Purwodadi, Desa Secang, Kecamatan Ngombol, Desa Dukuhdungus, Kecamatan Grabag, Desa Sidarum, Kecamatan Kutoarjo, Desa Klepu, Kecamatan Butuh, Desa Pepe, Kecamatan Pituruh, Desa Karang Duwur, Kecamatan Kemiri dan Desa Suren Kecamatan Gebang.

Di balai Desa Trirejo tempat dilaksanakan pemungutan suara, Bupati Purworejo Agus Bastian beserta rombongan melihat langsung proses pemungutan suara yang dilakukan panitia. Selain itu Bupati juga melihat kesiapan sarana dan prasarana pemungutan suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( Dipemardes) Ari Setiyadi, S.Sos mengatakan, monitoring untuk mengetahui secara langsung proses pemungutan suara yang dilaksanakan oleh panitia pilkades tingkat desa guna memastikan bahwa tahapan pilkades sudah dilakukan sesuai mekanisme yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

Dijelaskan, kegiatan monitoring dilaksanakan dengan mengambil sampel di 11 desa dalam 10 wilayah kecamatan, dimana keadaan 11 desa tersebut sudah cukup mewakili peta situasi desa yang menggelar pilkades di Kabupaten Purworejo. Sehingga dengan dilakukannya kegiatan monitoring diharapkan situasi kondisi wilayah tetap kondusif.

“Dari hasil pantauan untuk partisipasi pemilih dalam pilkades tinggi. Hal tersebut tampak pada tingkat kehadiran pemilih. Sampai pukul 12.00 WIB rata-rata mencapai 80%. Tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah,”kata Ari Setyadi. (W5)

Tinggalkan Komentar