Bupati Lantik Mahmud Ali Sebagai Kades Antar Waktu Brunorejo

BRUNO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM mengambil sumpah janji dan melantik Mahmud Ali, S.Pd sebagai Kepala Desa Antar Waktu Desa Brunorejo, Kecamatan Bruno, di Gedung Serbaguna KPRI Bruno, Selasa (19/7). Pelantikan dihadiri Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Bupati mengatakan, kepala desa mempunyai kedudukan sebagai pimpinan pemerintah desa yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam kedudukannya itu dibantu oleh perangkat desa dan bertanggungjawab kepada masyarakat desa melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dijelaskan, sesuai ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 12 Tahun  2015 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa antara lain menyebutkan bahwa dalam hal kepala desa berhenti dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun, dipilih kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa.

“Dengan dasar ini, maka Desa Brunorejo melaksanakan pilkades antar waktu yang pelaksanaannya telah berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Mahmud Ali diambil sumpah secara agama Islam

Bupati minta Mahmud Ali segera menyesuaikan diri terkait dengan tugas dan kewenangannya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Terlebih kepala desa juga menghadapi tantangan yang sangat berat, terutama terkait pengelolaan Alokasi Dana Desa yang cukup besar, yang harus disikapi secara bijaksana.

“Untuk itu saya tekankan agar kepala desa selalu bekerja sesuai regulasi, tidak melakukan penyimpangan dana desa, tidak melakukan pungli maupun gratifikasi, serta tidak melakukan tindakan apapun yang melanggar hukum dan norma,” jelasnya.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Bupati bersyukur dapat kembali berbagai kegiatan sosial kemasyakatan secara lebih leluasa, karena Pemerintah telah memberikan pelonggaran aturan seiring meredanya pandemi yang  sudah berlangsung lebih dari dua tahun. 

“Namun pandemi belum sepenuhnya berakhir, sehingga kita masih harus tetap menjaga protokol kesehatan sesuai arahan Pemerintah,” tandasnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar