Bupati Ingin Semua Desa dan Kelurahan Tahun Depan Terang Benderang

GRABAG, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM menginginkan semua jalan di desa dan kelurahan sudah ada penerangan jalan umum. Terutama jalan di gang-gang desa, poros desa, dan jalan desa. Mengingat penerangan jalan itu sangat penting selain menjadikan keamanan di jalan, juga dapat sebagai penunjuk jalan.
“Saya targetkan tahun 2020 mendatang semua jalan desa dan kelurahan sudah terang benderang. Sehingga memudahkan masyarakat yang akan melalui jalan desa,” pinta Bupati pada kegiatan anjangsana di 8 desa di wilayah Kecamatan Grabag, Kamis (24/1).
Dalam anjangsana itu bupati didampingi istrinya, Hj Fatimah Verena Prihastyari SE, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setyadi S.Sos, Kepala Dinas PUPR Suranto, S.Sos, MPA, Kepala Dinas Perkimtan Ir Susanto, Sp.I, Kadinsosdukkbpppa dr Kuswantoro, M.Kes, Staf khusus Bupati Kendrasmoko, S.Sos, M.Si, Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji, SE, MM, Camat Grabag Jaenudin SIP.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, untuk merealisasikan penerangan jalan di desa, tentu desa harus menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan harus sudah mulai diplotkan, sehingga tidak tertunda-tunda. Juga melibatkan masyarakat dalam program penerangan jalan yakni melalui penggalangan swadaya masyarakat.
Bupati mengawali kunjungannya di Desa Kedungkamal, Sangubanyu, Tlepokwetan, Tlepokkulon, Wonoenggal, Grabag, Bakurejo, dan Desa Sumberagung Kecamatan Grabag. Bupati selain melihat langsung kantor desa, juga menanyakan tentang pelayanan administrasi, dan permasalahan yang ada di desa untuk dijadikan pembahasan terkait solusi penyelesaian kendala-kendala di desa.
“Untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) juga agar dimaksimalkan, untuk mendongkrak peningkatan perekonomian desa,” ujar Bupati.
Sementara itu Kadin Permasdes Agus Ari Setyadi menjelaskan, tujuan anjangsana untuk mengetahui sarana prasarana yang belum ditangani dan yang sudah ditangani. Termasuk melihat pelayanan kepada masyarakat.
“Maka sejumlah OPD terkait disertakan dalam anjangsana ini. Untuk bulan Januari ini yang dikunjungi khusus desa-desa yang tidak melaksanakan Pilkades. Sedangkan target Pak Bupati sebelum masa jabatan habis, akan mengunjungi semua desa kelurahan sejumlah 494,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Komentar