Bupati dan Investor dari Singapura Teken Letter of Intent Pembiayaan Pendidikan

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM dan Direktur Socap Holding Pte Ltd, Ioaan Fainsilber, menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk melakukan kerjasama bidang pendidikan dengan Socab Holding Pte Ltd – PT Tata Skola – PT Pintek dari Singapura, di ruang Arahiwang Setda, Jumat (26/11). 

Bupati Agus Bastian mengatakan, Pemerintah Daerah telah mencanangkan Visi Purworejo Berdaya Saing 2025 atau Panca Daya Saing, yang salah satunya harus ditempuh melalui pendidikan dalam arti luas. 

Relevan dengan hal itu, Pemkab menyambut baik kehadiran Socap Holding Pte Ltd (Socap), sebuah perusahaan investasi berkedudukan di Singapura yang mempunyai misi social impact di bidang pendidikan melalui  PT Tata Skola dan PT Pintek. 

Sebagai tanggung jawab sosial perusahaan, lanjut Bupati, Socap juga memberikan pelatihan dan pendidikan kewirausahaan serta mendorong berdirinya pusat inkubasi dan inovasi sebagai sarana pengembangan wirausaha muda khususnya di era Ekonomi Digital.

“Dengan adanya pemikiran dan keinginan yang sejalan, maka Kabupaten Purworejo dan Socap setuju untuk menandatangani Letter of Intent, sebagai landasan terwujudnya kerjasama dalam bidang pemberdayaan sekolah, dengan program hibah dari Socap bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Direktur Socap Holding Pte Ltd, Ioaan Fainsilber menandatangani dokumen komitmen awal

Menurut Bupati, kerjasama ini memberikan kemudahan akses pembiayaan penyelenggaraan pendidikan untuk masyarakat dengan mempertimbangkan realitas baru pemanfaatan teknologi pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, Pemkab juga akan berkolaborasi dalam mendirikan inkubasi wirausaha dan inovasi di Kabupaten Purworejo. Yakni melalui pelatihan bagi para pemuda Purworejo dengan keterampilan yang dibutuhkan, agar mampu menangkap peluang yang diberikan di era ekonomi digital. 

“Akhirnya kita semua tentu berharap agar kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta menghasilkan berbagai manfaat positif bagi kedua belah pihak, utamanya bagi kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia,” harapnya.

Sementara itu, Ioaan Fainsilber mengatakan, inovasi di bidang teknologi telah berdampak besar di dunia.

Bupati Agus Bastian menandatangani dokumen komitmen awal

Namun adopsi sektor edukasi di Indonesia saat ini masih terbatas. 
Pandemi covid-19 menekankan perlunya inovasi dan adopsi teknologi tidak hanya untuk sistem belajar mengajar namun juga untuk pengelolaan sekolah dan lembaga pendidikan. 

Dari pengamatan yang dilakukan sejak awal tahun 2020, sekolah telah dapat beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online. 

“Namun manajemen keuangan sekolah belum siap untuk sistem PJJ. Sebagian besar sistem pembayaran keuangan sekolah dilakukan secara manual,” 

Pada hari ini, terang Ioaan, Socap bermaksud bekerjasama dengan Pemkab Purworejo untuk memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi sekolah untuk penyelenggaraan pendidikan.

“Kami juga akan bekolaborasi dalam mendirikan pusat inkubasi dan inovasi kewirausahaan di Kabupaten Purworejo dalam rangka melatih generasi muda purworejo dengan ketrampilan yang dibutuhkan agar dapat memanfaatkan peluang di era ekonomi digital,” ungkapnya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *