Bupati Ajak Semua Pihak Sukseskan program Pilkades Serentak 2021

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM mengajak seluruh pihak untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan pilkades serentak dan tidak menyisakan berbagai permasalahan. Bagi desa yang melaksanakan pilkades, diminta untuk segera mempersiapkan diri agar pilkades bisa dilaksanakan secara demokratis.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian pada acara pengarahan kepada 43 Penjabat (Pj) Kepala Desa dan ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) yang melaksanakan Pilkades serentak di Pendopo, Selasa (19/01). Acara dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti, SH, Forkopimda, Sekda, camat.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, beberapa regulasi baru telah diterbitkan untuk mendukung pelaksanaan pilkades selama masa pandemi Covid-19. Regulasi baru itu, lanjutnya, yakni Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Selain itu juga Surat Edaran Mendagri Nomor 141/6698/sj tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pandemi Covid-19.

Di tingkat kabupaten, regulasi tersebut akan ditindaklanjuti dengan menerbitkan Peraturan Bupati Purworejo. “Bagi kepala desa atau Pj kepala desa dan ketua BPD yang melaksanakan pilkades, harus mencermati dan berpedoman pada aturan tersebut agar pelaksanaan pilkades aman serta tidak memunculkan klaster pilkades,” ucap Bupati.

Tahap pertama Pilkades Serentak mulai dilaksanakan

Dirinya juga mengingatkan kepada perangkat daerah yang menangani fasilitasi pelaksanaan pilkades agar benar-benar mencermati perda dan perbup yang mengatur tentang pelaksanaan pilkades. Hal itu, menurutnya, karena beberapa pasal pada perda dan perbup ada yang mengalami perubahan.

Di sisi lain Kepala Dinpermades Agus Ari Setyadi, S.Sos menjelaskan, pelaksanaan pilkades saat ini berbeda dengan pilkades sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Namun hal itu dapat dijadikan semangat dan motivasi bersama agar dapat kembali melaksanakan Pilkades yang berjalan sukses seperti Pilkades di 343 desa pada tahun 2019.

“Tahun ini kita akan menggelar pilkades di 43 desa. Tahun 2019 pelaksanakan Pilkades di 343 desa telah berlangsung dengan sukses dan lancar. Semoga pelaksanan kali ini pun demikian ” kata Agus Ari.

Ditegaskannya, perlu adanya komitmen dan upaya bersama guna menegakkan aturan serta menjaga kondusifitas di setiap desa. Tanpa adanya komitmen dan upaya bersama tentunya sulit untuk mewujudkan penyelenggaraan Pilkades tahun 2021 yang baik dan sukses.

“Kami mohon Pj Kepala Desa untuk memfasikitasi sepenuhnya BPD, panitia dan KPPS dalam hal fasilitasi bantuan keuangan untuk biaya Pilkades. Mulai bulan Februari, bantuan keuangan Pilkades dari APBD Kabupaten Purworejo sudah bisa dicairkan. Syarat utama satu, yakni APBDes harus sudah jadi,” tandasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *