Besok DKPP Purworejo Gelar Pasar Murah dan Bagikan Paket Sayur Buah Gratis

PURWOREJO, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).Kabupaten Purworejo Hari Jumat (16/9) akan menggelar Pasar Murah serta pembagian paket buah dan sayur gratis. Kegiatan tersebut digelar di halaman Gedung Dekranasda Jalan Mayjen Sutoyo mulai pukul 08.00 sampai selesai.

Kabid Pangan DKPP Tri Astuti saat dihubungi Purworejo News menjelaskan, ada lima macam komoditas yang akan dijual murah besok. Yakni gula pasir, telur, beras, cabai merah, dan cabai keriting. “Semuanya dijual di bawah harga pasar,” kata Tri.

Telur misalnya, dijual seharga Rp 23 ribu/kg. Harga tersebut menurut Tri, adalah harga dari kandang. Lainnya yakni gula pasir Rp 12.500/kg dan beras Rp 8.600/kg.

Adapun untuk cabai, Tri belum bisa mematok harga. “Untuk cabai saya lihat harga besok. Yang jelas harus lebih rendah dari harga pasar,” tegas Tri.

Harga cabai masih tinggi

Terkait stok yang disediakan besok, Tri menjelaskan, untuk cabai sebanyak 50 kg, telur 100 kg. Sedangkan beras dan gula pasir, berdasarkan informasi dari Bulog masing-masing sebanyak dua ton dan 200 kg.

Adapun komoditas pertanian yang akan dibagikan secara gratis yakni paket berisi terong, jambu kristal, pare, dan tomat. Dalam flyer yang beredar disebutkan, syaratnya yakni menyerahkan fotokopi KTP dan bukan ASN.

Tri menyebutkan, pasar murah digelar untuk intervensi harga pangan yang tinggi. “Sebetulnya untuk Purworejo harga sudah mulai stabil, yang masih agak tinggi cabai merah dan cabai rawit,” ucap Tri.

Ditambahkan, pihaknya belum akan menyetok banyak. “Kita lihat animo pengunjung dulu. Rencana bulan Oktober kita adakan lagi. Semoga semuanya segera stabil,” tutup Tri. (Dia)

Tinggalkan Komentar