Berlangsung Tertutup, Komisi 4 DPRD Gelar RDP dengan Dindikpora Terkait BOS Afirmasi

PURWOREJO, Komisi 4 DPRD Kabupaten Purworejo menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olah Raga (Dindikpora), Kamis (22/4). RDP yang dipimpin oleh Ketua Komisi 4 Rani Sumadyaningrum, dinyatakan tertutup.

Selain Rani Sumadyaningrum, RDP juga dihadiri oleh antara lain Muhammad Abdullah, H Rujiyanto, Heru Kusumo, Reko Budiyono. RDP membahas isu tentang pelaksanaan belanja BOS Afirmasi dan Kinerja.

Usai TDP yang dilangsungkan di salah satu ruang di Gedung DPRD itu, Kepala Dindikpora Sukmo Widhi Harwanto enggan berkomentar. Dirinya sama sekali tidak memberikan jawaban saat ditanya wartawan.

Setali tiga uang, Ketua Komisi 4 Rani Sumadyaningrum (Nonik) juga tidak bersedia memberikan keterangan kepada puluhan media yang menunggunya. Nonik menyuruh wartawan bertanya kepada Muhammad Abdullah.

Keterangan hasil dengar acara itu akhirnya disampaikan oleh anggota dewan Abdullah. Menurut pria yang sering tampil plontos itu, acara berlangsung tertutup agar jujur dan otentik serta akurat.

Kadindikpora Sukmo Widi Harwanto (tengah) saat keluar dari ruang rapat

“Kalau terbuka nanti ada yang merasa minder,” ucapnya tanpa menyebut pihak yang dimaksud.

Menurutnya, acara dengar pendapat itu sebagai bentuk klarifikasi terkait belanja dana BOS Afirmasi yang bergulir dan ramai dibicarakan. Yang hadir, kata Abdullah, selain Kadindikpora juga empat perwakilan kepala SD. Yakni SDN Tridadi Loano, SDN Karanggedang Bruno, SDN Purbowono Kaligesing, dan SDN Prapaglor Pituruh.

“Materi pertanyaan dari dewan kepada Kadinpora antara lain, berapa jumlah sekolah yang dapat, berapa nilainya, juga penyaluran uang tersebut melalui dinas atau rekening sekolah,” ungkap Dullah. Disebutkan pula, menurut mereka, pernyataan yang disampaikan ada yang benar ada yang salah.

Salah satu statemen yang benar adalah mereka mengakui pernah dipanggil oleh penegak hukum. Tapi tidak benar kalau disebutkan harga yang dibelanjakan terlalu mahal karena menurut mereka sudah sesuai. Barangnya juga disebutkan sudah sesuai spesifikasi.

“Hasil rapat ini nantinya akan disampaikan kepada ketua DPRD untuk ditindaklanjuti. Saya berharap dana BOS bermanfaat sehingga pelaksanaannya dapat sesuai dan tidak ada penyimpangan,”pungkas Abdullah. (Dia)

Tinggalkan Komentar