Ketidakpuasan Pengunjung Dapat Bikin Nilai Merah bagi Lapas

KUTOARJO, Kabupaten Purworejo menjadi tuan tumah pelaksanaan rapat koordinasi teknis pemasyarakatan yang diikuti 62 kepala lembaga pemasyarakatan (lapas) se-Jawa Tengah. Rakor berlangsung di pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Purworejo di Kutoarjo, Sabtu (15/2).

Kabag PPL Kanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah, Budiarso Widiarsono, mengungkapkan, sistem pelaporan tahun 2019 berbeda dengan tahun 2020 yang berdasarkan survei secara online.

“Salah satu item penilaian yakni tingkat kepuasan stakeholder atau pengunjung akan dapat menjadikan nilai merah bagi Lapas yang bersangkutan. Jadi harus berhati-hati dalam memberikan pelayanan,” ujarnya.

Begitu juga dengan kreatifitas. Walaupun sepele, ujarnya, tapi bila belum dilakukan oleh Lapas lain maka akan dapat meningkatkan poin kinerja seperti yang dilakukan oleh Lapas Brebes dan Magelang yang memberikan kunjungan di hari Minggu atau libur kepada warga binaan yang punya anak.

Perwakilan 6 UPT menandatangani perjanjian kinerja 2020

Budiarso menambahkan, sejak 11 Februari baru ada 23 UPT Pemasyarakatan yang nilai IKMnya memenuhi syarat dari total 62 UPT seJawa Tengah.

“Saya minta khususnya 13 Lapas yang masih merah untuk mengejar ketinggalannya karena time line penilaian kinerja sudah dimulai 7 Februari,” tegasnya. Ia berharap tahun 2020 seluruh satker yang sudah WBK (Wilayah Bebas Korupsi) ditingkatkan jadi WBBM

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti itu, juga diadakan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2020 yang diwakili perwakilan 6 UPT yakni UPT Banjarnegara, Batu Nusakambangan, Purwokerto, LPA Kutoarjo, Bapas Surakarta, dan Rumah Penyimpanan Bahan Rampasan (Rupbasan) Wonogiri.

Kadiv Pemasyarakatan Jateng Marasidin Siregar, berpesan saat ini pilot dan kopilotnya harus speed up sehingga harus ikut aturan. Marasidin berpesan agar jangan meng input data secara asal-asalan.

Dalam waktu yang bersamaan juga digelar pertemuan rutin paguyuban ibu-ibu pemasyarakatan wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah serta lomba senam tobelo. (Dia)

Tinggalkan Balasan