Grantung dan Boto Daleman Dicanangkan Sebagai Kampung KB

BAYAN, Dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV tahun 2018 Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsosdukkbppa) Kabupaten Purworejo melaksanakan pencanangan Kampung KB dan Gemarikan di Desa Grantung dan Boto Daleman Kecamatan Bayan, Senin (23/7).
Kasi Advokasi KIE Dinsosdukkbppa Made Sri Wardani menuturkan, pencanangan Kampung KB di Desa Grantung dan Boto Daleman merupakan yang 23 dan 24.
“Dalam kegiatan ini Akseptor yang terjaring mencapai 150 orang, “tuturnya.
Dijelaskan, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan Gemarikan yang diikuti 150 peserta berasal dari TP dan PKK serta pembagian bantuan bibit ikan untul Desa Grantung dan Desa Boto Daleman masing-masing 3.000 ekor.
“Bantuan bibit dari Dinas Kelautan Perikanan Provinsi untuk Kabupaten Purworejo dalam rangka Harganas sebanyak 768.000 ekor, “jelas Made.
Sementara Bupati Purworejo Agus Bastian dalam sambutan yang dibacakan Sekda Purworejo Drs Said Romadhon menyebutkan, guna menekan laju pertumbuhan jumlah penduduk yang begitu cepat, program Keluarga Berencana menjadi salah satu upaya pokok yang harus dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan Gerakan Bersama Program Keluarga Berencana antara pemerintah, Mitra KB dan masyarakat di semua tingkatan.
Keberhasilan program KB secara nasional akan dicapai pemerintah pusat maupun daerah dengan mengacu keseimbangan, keselarasan dan keserasian diberbagai sektor pembangunan yang harus diwujudkan dalam bentuk komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi masyarakat, dunia dan media massa.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan program Kampung KB, yang bukan saja untuk menyukseskan program KB namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan Kampung KB. Dalam Kampung KB telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan.
“Di Kampung KB juga akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada, selain pembangunan sarana dan prasarana. Dan yang lebih penting lagi adalah agar program pembinaan Kampung KB dilakukan secara terus menerus dengan menggandeng seluruh komponen yang ada, dengan harapan jika di wilayah tersebut ada permasalahan maka akan mudah dibantu oleh dinas instansi terkait, “kata Said Romadhon.

(W5)

Tinggalkan Balasan