Grand Opening Showroom UMKM, Bupati Serahkan Sertifikat Halal untuk 17 Produk

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM melakukan grand opening Showroom UMKM, pusat jajanan dan oleh-oleh Purworejo, yang menempati gedung eks Rumah Dinas TNI Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (12/8) malam. Grand opening ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati dan diserahkan kepada Direktur PDAU Didik Prasetya Adi, SH selaku pengelola showroom.

Selain Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, hadir pula Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardhani, SE, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, SH, M.Si, Kepala Dinas KUKMP Drs Bambang Susilo, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo, AP, MM.

Kadinas KUKMP Bambang Susilo menyebutkan, pembukaan showroom UMKM bertepatan dengan peringatan hari UMKM ke-5 itu merupakan upaya untuk meningkatkan kembali semangat kebersamaan serta meningkatkan daya saing produk UMKM di Purworejo.

Agus Bastian dan Didik, serahkan tumpeng

Selain itu tentu saja untuk menumbuhkan kembali sektor perekonomian yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Saat ini, lanjut Bambang, ada 144 produk yang dipamerkan di showroom.

Selain itu, ujar Bambang, untuk mendukung sektor pariwisata juga disediakan bus pariwisata dengan konsep coffe on the bus. Di dalamnya disediakan aneka hidangan makanan dan minuman yang berisi produk UMKM Purworejo yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan, UMKM adalah sektor usaha kecil namun produktif dan punya peran penting sehingga diharapkan dapat berkembang untuk peningkatan ekonomi.

Bupati juga berpesan agar para pelaku UMKM di Purworejo dapat kreatif memasarkan produknya dengan memanfaatkan media online serta berinovasi dalam mengembangkan usahanya.

Bupati dan Sekda, tinjau produk

Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan sertifikat halal kepada 17 pelaku UMKM di Purworejo. Salah satunya yakni Geblek Tambak Mbah Toipah yang sudah melegenda.

Bupati juga meninjau ratusan produk UMKM yang dipajang di etalase dan menjajal beberapa produk kerajinan, termasuk memberikan masukan kepada pengelola.

“Diberi showcase ini Mas Didik, buat naruh minuman buatan UMKM supaya kelihatan produknya,” saran Bupati kepada Didik Prasetyo Adi, pengelola showroom.

Sebelum meninggalkan gedung Showroom, Bupati dan rombongan mencoba bus pariwisata berkonsep kafe dengan kapasitas 28 penumpang. Nantinya bus bertarif Rp 70.000 itu akan melayani rute Purworejo bandara YIA dengan jadwal keberangkatan tiap pukul 08.00, 11.00 dan 17.00. (Dia)

Tinggalkan Balasan