Dikejar Deadline 19 Desember, Pembangunan Puskesmas Grabag Dikebut

GRABAG, Dikejar deadline pekerjaan yang mesti selesai tanggal 19 Desember mendatang, kontraktor pelaksana Puskesmas Grabag menambah jumlah pekerja dan pasokan material. Hal itu untuk mempercepat proses pembangunan Puskesmas Grabag yang progresnya baru mencapai 75% per hari Minggu (8/12). Namun dari waktu dan volume pekerjaan yang tersisa, kemungkinan selesai tepat waktu sangat kecil.

Saat ditemui Purworejonews, Minggu (8/12), Konsultan Pengawas proyek, Anter Lagustori mengatakan, penambahan pekerja serta material itu dimulai sejak hari Rabu (4/12). Jumlah pekerja semula 30 menjadi 50 orang.

Demikian juga dengan pasokan material yang meningkat dibanding sebelumnya. Keterlambatan pasokan material dan minimnya jumlah tenaga itu dinilai sebagai penyebab lambatnya pengerjaan proyek Dinas Kesehatan tersebut.

Anter menyampaikan, Puskemas Grabag yang menelan anggaran sebanyak Rp 4,1 miliar itu dikerjakan selama 165 hari kerja.

“Bila dikerjakan dengan menggunakan sistem dua shift siang dan malam, mestinya pekerjaan tersebut dapat selesai tepat waktu. Namun demikian kami hanya sebatas memberikan solusi, sedangkan eksekusi di tangan kontraktor selaku pelaksana proyek,” ungkap Anter.

Ia menjelaskan, sebelumnya santer diberitakan bahwa pembangunan Puskesmas Garabag telah selesai 81%. Pemberitaan tersebut seolah bersumber dari dirinya.

“Padahal (waktu itu) belum mencapai 70%. Hal tersebut dapat dilihat dari prosentase jenis pekerjaan yang telah selesai dikerjakan oleh kontraktor, dalam hal ini CV Kenzi Gigih Perkasa, ” kata Anter.

Menu Anter, penambahan prosentase pekerjaan yang telah dikerjakan itu meliputi pemasangan keramik, genteng, serta pintu yang dikerjakan secara simultan.

Puskesmas Grabag yang berlantai dua itu nantinya akan memiliki fasilitas ruang rawat inap yang memadai. Pembangunanannya ditarget selesai tanggal 17 Desember mendatang dan diharapkan dapat segera berfungsi mengingat tingkat kebutuhan masyarakat akan Puskesmas berfasilitas rawat inap sangat mendesak. (Dia)

Tinggalkan Balasan