Bu Ganjar Pimpin Langsung Rapat Final Checking Peringatan Harganas di Purworejo

PURWOREJO, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, Selasa (17/7) memimpin rapat final checking Peringatan Hari Keluar Nasional (Harganas) ke 25 dan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan digelar di Purworejo, Rabu (25/7) mendatang. Rapat yang dihadiri Ketua TP PKK Kab Purworejo Fatimah Verena Prihastyari dan Sekda Said Romadhon, dilangsungkan di Ruang Bagelen Gedung Setda Purworejo.
Siti Atiqoh mengungkapkan, peringatan Harganas ke-25 dan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Jawa Tengah akan membagikan berbagai bantuan untuk masyarakat Purworejo. Mulai dari anak sekolah, difabel, keluarga pra KS, kelompok UPPKS, kelompok tani, kelompok tani wanita, kelompok masyarakat. Rencananya bantuan akan diserahkan Gubernur Jawa Tengah.
Menurut Atikoh, agar tepat sasaran pemberian bantusman perlu data yang valid baik penerimanya maupun jenis bantuannya. Sehingga nantinya bantuan bisa dimanfaatkan dan sesuai dengan yang dibutuhkan.
“Seperti alat bantu jalan (wolker) untuk difabel tercatat dua buah, kalau memungkinkan saya mengusulkan untuk bisa ditambah lagi,” tuturnya.
Atiqoh mengingatkan pelaksanaan peringatan Harganas dan HAN agar melibatkan anak dan masyarakat. Harapannya program-program pemerintah terkait Harganas dan HAN sampai dan mengena ke anak dan masyarakat. Termasuk program KB juga agar melibatkan laki-laki, tidak hanya perempuan.
“Ini terkait kesetaraan gender. Maka laki-laki juga agar mempunyai kesadaran untuk ikut ber-KB. Apalagi Jawa Tengah masih tinggi angka perkawinan dini, sehingga perlu terus digencarkan program KB baik dalam pengaturan jarak kelahiran, penggunaan alat KB dan lainnya,” harap Ny Atiqoh yang juga didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino.
Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari mengaku bangga karena Purworejo dipercaya untuk menjadi pusat kegiatan peringatan Harganas dan HAN yang rangkaian kegiatannya cukup banyak dengan melibatkan masyarakat.
“Kami berterimaksih, bahkan juga berbagai bantuan akan diberikan untuk sejumlah anak sekolah dan sejumlah masyarakat Purworejo. Tentu membawa harapan untuk semakin memajukan dan mensejahterakan Purworejo,” ujarnya.
Sekda Said Romadhon menjelaskan, rencananya ada tambahan kegiatan dari Kodim 0708 Purworejo yang akan mendukung suksesnya Harganas dan HAN, yaitu berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di Makodim Purworejo.
“Dimohonkan kegiatan ini bisa ditinjau Pak Gubernur dan Ibu Atiqoh sekaligus meninjau kegiatan pendukung lainnya seperti pameran, pelayanan KB, dll,” jelas Sekda. (*)

Tinggalkan Balasan