Belajar Gamelan dengan Cara Menyenangkan Melalui Aplikasi E-Gamelan

Oleh: Vini Rahmaniar

GAMELAN JAWA identik dengan tradisi konvensional yang telah dianut oleh masyarakat dari zaman lampau. Gamelan Jawa dimainkan dengan cara tradisional dan dinikmati dalam prosesi-prosesi adat di daerah Jawa.

Dibandingkan alat musik lainnya, kehadiran gamelan Jawa terbilang tidak terlalu populer dan diminati oleh generasi muda. Karena itu, tidak banyak orang yang bisa memainkannya. Karena kurangnya minat, proses regenerasi pemain juga tidak baik sehingga alat musik ini rentan ditinggalkan.

Perkembangan teknologi jaman sekarang ini sangat mempermudah kita dalam belajar berbagai hal. Salah satunya untuk belajar instrument gamelan, dengan sebuah aplikasi kita dapat belajar gamelan tanpa harus harus memiliki alat musik tersebut.

Instrumen gamelan

Mata pelajaran Bahasa Jawa untuk SMK kelas XII mempelajari Teks Eksposisi tentang Gamelan. Pada Kompetensi Dasar yang perlu dipelajari, siswa mampu menulis teks eksposisi tentang gamelan. Namun supaya siswa mengenal peralatan gamelan dan tahu serta diharapkan bisa memainkan instrumen gamelan seperti apa, maka siswa belajar memainkan instrumen gamelan menggunakan game atau aplikasi sebagai sarana belajar. 

Menggunakan game sebagai sarana belajar adalah strategi yang bagus karena game identik dengan proses yang menyenangkan. Dengan demikian, siswa pun dapat mempelajari alat musik gamelan Jawa secara sukarela.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyiasati kendala agar kita masih bisa belajar gamelan walaupun kita tidak memiliki alat instrumen gamelan. Apalagi tidak semua sekolahan juga mempunyai piranti atau peralatan gamelan. 

Vini Rahmaniar

Apabila ingin berlatih menabuh  atau memainkan gamelan/ karawitan harus mengunjungi sanggar-sanggar seni atau belajar bersama di sekolahan lain yang mempunyai piranti atau peralatan gamelan. Ada cara yang dapat kita lakukan agar kita bisa belajar dan berlatih gamelan dengan lebih praktis yaitu berlatih dengan menggunakan Aplikasi Android. 

Pada handphone android telah tersedia aplikasi-aplikasi simulasi bermain instrument gamelan secara digital seperti:  E-Gamelan-Virtual Javanese Gamelan, Saron Virtual Instrument, Gamelan Jv. Aplikasi tersebut dapat kita unduh di Google Play Store.

Pada aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai alat instrumen yang bisa kita mainkan, contohnya instrument bonang barung, bonang penerus, saron, demung, saron penerus, slenthem, ketuk kenong. Kempul-gong, gambang.

Siswa SMKN 6 memainkan gamelan dengan hp

Siswa SMK Negeri 6 Purworejo merasa senang berlatih memainkan gamelan menggunakan aplikasi android yaitu aplikasi E-gamelan. Mereka bisa bermain instrument gamelan secara digital dengan memainkan peralatan gamelan melalui gawai mereka masing-masing. 

Cara memainkan alat instrument digital sama persis seperti kita memainkan alat instrument langsung, hanya saja kita tidak menggunakan alat tabuh, tetapi jari kita yang harus langsung menyentuh gambar alat instrument tersebut pada layar hp, contohnya pada instrument bonang, jari kita harus menyentuh pada gambar pencon bonang sesuai dengan notasi angka yang akan kita mainkan.

Cara-cara belajar gamelan tersebut dapat dijadikan alternatif untuk tetap belajar walaupun kita tidak mempunyai alat gamelan. Sehingga kita dapat lebih memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan tetap belajar dan berlatih gamelan dengan keterbatasan sarana yang ada. 

Salam Budaya, Rahayu Rahayu Rahayu

Penulis adalah guru di SMK Negeri 6 Purworejo. e-Mail: rahmavini93@gmail.com

Tinggalkan Komentar