Bawaslu Purworejo Klaim Telah Lakukan 11.487 Kali Pengawasan

PURWOREJO, Sejak Pilkada Purworejo 2020 dimulai, hingga saat ini Bawaslu Purworejo mencatat sudah melakukan pengawasan sebanyak 11.487 kali. Kegiatan pengawasan tersebut tersebar di 16 kecamatan dan 494 kelurahan/desa yang ada di Kabupaten Purworejo. 

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Purworejo, Anik Ratnawati dalam rilisnya, Jumat (4/12). Disebutkan, Bawaslu telah melakukan 11.487 pengawasan di Kabupaten Purworejo.

“Adapun jumlah pencegahan mencapai 943 kali”, katanya.

Anik mengatakan upaya pencegahan ini efektif karena bisa mencegah terjadinya pelanggaran. Sebanyak 943 pencegahan tersebut meliputi kegiatan sosialisasi ke masyarakat sebanyak 368 kali, sosialisasi melalui konten media sosial dalam bentuk iklan layanan masyarakat sebanyak 210 kali, memberikan saran perbaikan 150 kali. 

Selain itu pencegahan berupa pemberian surat imbauan sebanyak 114 kali, pencegahan di lapangan sebanyak 80 kali, serta kegiatan talkshow sebanyak 21 kali.
Menurut Anik, hasil pengawasan yang ditindaklanjuti sebagai temuan pelanggaran sebanyak 62 kali. 

Adapun Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Purworejo, Ali Yafie mengatakan, seluruh kegiatan pengawasan tersebut sudah dituangkan dalam Formulir A pengawasan. Formulir tersebut akan menjadi dokumen resmi bagi Bawaslu Purworejo, sekaligus bukti bahwa jajaran pengawas pemilu sudah melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan. 

“Form A ini akan menjadi bukti bagi Bawaslu Purworejo jika nanti terdapat persoalan di lapangan,” ujarnya. (Dia)

 107 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *