Bawaslu Purworejo Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan

PURWOREJO, Bawaslu Kabupaten Purworejo membuka pendaftaran seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan untuk menyukseskan pagelaran Pemilu Serentak 2024. Pendaftaran dibuka selama 7 (tujuh) hari mulai 21-27 September 2022. Demikian disampaikan Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan, Abdul Azis, Kamis (15/9).

Dalam rapat bersama Kesbangpol dan para camat, l3bih lanjut Abdul Aziz menjelaskan, seleksi tersebut akan memilih tiga orang untuk menjabat sebagai anggota Panwaslu Kecamatan. Mereka akan bertugas melakukan pengawasan di semua tahapan Pemilu 2024. Total anggota Panwaslu Kecamatan yang akan dipilih sebanyak 48 orang yang tersebar di 16 kecamatan se-Kabupaten Purworejo.

“Kami berharap putra-putri terbaik Purworejo bisa ikut berpartisipasi dalam seleksi tersebut demi mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024,”kata Abdul Azis.

Lebih lanjut Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Purworejo ini menambahkan, syarat untuk bisa menajdi Panwaslu Kecamatan diantaranya minimal berusia 25 tahun, pendidikan terakhir SMA/sederajat, berdomisili di Kabupaten Purworejo dan tidak tergabung dengan partai politik. Informasi tentang pengumuman pendaftaran Panwaslu Kecamatan beserta ketentuan lebih lanjut dapat dilihat pada laman purworejo.bawaslu.go.id/bawaslumemanggil

Dikatakan, tahapan Pemilu 2024 saat ini sudah berjalan sejak 14 Juni 2024. Saat ini tahapan Pemilu sudah memasuki tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024. Keberadaan Panwaslu Kecamatan sangat strategis dalam melakukan pengawasan tahapan tersebut, utamanya pada saat verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.

“Diharapkan dalam seleksi nanti dapat terpilih 48 Panwaslu Kecamatan yang yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan” tutup Abdul Azis.

Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq mengatakan, Bawaslu Purworejo akan mencari orang-orang terbaik yang akan mengemban amanat pengawasan, mengingat tingkat kompetisi dan beban tugas penyelenggara Pemilu 2024 makin tinggi. (Nas)

Tinggalkan Komentar