Bawaslu Kabupaten Purworejo Umumkan Pendaftaran Panwaslucam Ditutup Hari Ini Pukul 17.00 WIB

PURWOREJO, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purworejo akan mengakhiri Penerimaan Berkas Calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam).
Bawaslu Purworejo melalui Kelompok Kerja (pokja) akan mengakhiri penerimaan berkas Calon panwaslucam pada Selasa 27 September pukul 17.00 WIB.

Hal itu disampaikan Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Abdul Aziz melalui rilis yang dikirimkan kepada Purworejo News Selasa (27/9) pagi. Aziz yang juga menjabat sebagai Ketua pokja mejelaskan tahapan-tahapan dalam rekrutmen Panwascam.

“Untuk saat ini tahapan yang kami lakukan adalah menerima berkas para calon Panwascam mulai tanggal 21 hingga 27 September. Kami juga sudah berkerja untuk menerima berkas selama enam hari kalender,” ucapnya.

Tahapan selanjutnya, pada tanggal 28 sampai 30 September akan dilakukan penelitian kelengkapan syarat atau berkas calon Panwaslucam yang sudah diterima pokja.

Ditambahkannya, bahwa akan ada perpanjangan pengumuman dan penerimaan berkas jika jumlah pendaftar tidak mencukupi dua kali lipat dari kebutuhan. Selain itu juga faktor keterpenuhan 30 % calon pendaftar perempuan.

Panitia bekerja menyeleksi berkas yang sudah masuk

Hal itu dapat menyebabkan perpanjangan masa pendaftaran atau penerimaan berkas di kecamatan. Adapun jumlah pendaftar hingga tanggal 26 September, kata Aziz, ada 201 orang. Terdiri atas 125 laki-laki dan 76 perempuan.

Menurutnya, sampai saat ini seluruh kecamatan sudah terpenuhi batas minimal pendaftar dua kali kebutuhan di masing- masing kecamatan. Tapi ada satu kecamatan yang belum ada 30% keterwakilan perempuan yaitu Bruno.

“Meskipun rata-rata kecamatan sudah memenuhi standar minimal, kami masih tetap membuka pelayanan pendaftaran sampai hari ini, Selasa pukul 17.00 WIB, ” tegasnya.

Koordinator sekretaris pokja Didik Budi Prasetyo menginformasikan syarat utama pelamar yaitu berpendidikan minimal SMU/sederajat dan usia minimal sudah berumur 25 tahun sejak mendaftarkan diri.

Aziz berharap jumlah partisipasi pelamar akan bertambah, sehingga bisa mendapatkan banyak pilihan calon Panwaslucam untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu tahun 2024. (Dia)

Tinggalkan Komentar