Batuk Pilek Marak, Kadinkes Purworejo Ingatkan Selalu Pakai Masker

PURWOREJO, Dalam dua Minggu terakhir ini banyak warga Purworejo yang dilanda penyakit batuk pilek (bapil). Meski tidak menyebabkan si penderita harus dirawat di rumah sakit, namun hal tersebut menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo. Kadinkes dr Sudarmi menyampaikan, bapil dapat menyebabkan terhambat atau terganggunya aktifitas seseorang.

Selain karena peralihan musim, kepada Purworejo News dr Sudarmi menyebut penyebab bapil karena aktivitas berinteraksi di luar rumah.

“Sekarang ini sedang peralihan pancaroba, ditambah dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti kegiatan interaksi di luar rumah. Apabila daya tahan tubuh tidak fit, akan mudah terserang penyakit terutama bapil,” jelas Sudarmi, Selasa (20/9).

Hal yang tak kalah penting, kata Sudarmi, yakni agar masyarakat tetap mengenakan masker saat berinteraksi atau melakukan kegiatan di luar rumah. Terutama saat berada di kerumunan, misalnya saat mengikuti seminar di dalam ruangan atau menonton pertunjukan.

Kadinkes Purworejo dr Sudarmi

Masker, kata Sudarmi, paling tidak melindungi dari virus yang dibawa oleh orang yang bergejala bapil agar tidak menular. Selain itu juga melindungi dari droplet atau percikan cairan. Sekarang ini, dalam pemantauannya, banyak warga yang abai dan tidak mengenakan masker ssat beraktivitas di luar rumah.

Terkait dengan banyaknya siswa yang terpapar bapil, Sudarmi pun menyarankan agar mereka tidak memaksakan diri masuk sekolah. Hal itu selain untuk recovery juga agar tidak menularkan kepada teman lainnya.

“Intinya pakai masker digalakkan lagi. Jangan lengah, meskipun peningkatan Covid-19 belum terjadi di Purworejo. Ingat ya, selalu pakai masker saat berinteraksi dengan orang banyak,” ajak Sudarmi sambil mengingatkan. (Dia)

Tinggalkan Komentar