Bantu Percepat Herd Immunity, Binda Jateng Gencar Vaksinasi Warga Purworejo

PURWOREJO, Sebagai wilayah yang angka vaksinasinya belum mencapai 70%, Purworejo mendapat perhatian dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah untuk melakukan vaksinasi. Seperti yang dilakukan di MTs Negeri 1 Purworejo pada Kamis (25/11) di lapangan sekolah tersebut.

Kabag Ops Binda Jawa Tengah Woro Winahyo menjelaskan, vaksinasi kali ini merupakan lanjutan dari target 4.000 dosis vaksin jenis Sinovac.

“Ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan BIN agar dapat membantu tercapainya herd immunity di Purworejo yang ditargetkan akhir bulan Desember mendatang,” jelasnya.

Woro Winahyo menyaksikan kegiatan vaksinasi di MTsN 1

Purworejo dipilih sebagai target program vaksinasi, lanjut Woro, karena capaian vaksin dosis 1 baru mencapai 58,41%. Sedangkan capaian vaksinasi per 23 November di Provinsi Jawa Tengah sudah mencapai 69,03 %.

“Pelaksanakan vaksinasi di Purworejo kali ini dilakukan di empat lokasi di wilayah. Yakni Vaksinasi pelajar dan santri di Ponpes Nuril Anwar dan MTsN 1. Dua lokasi lain yakni di Desa Ngaran dan Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing dilakukan secara door to door,” jelasnya.

Dipilihnya Kaligesing sebagai sasaran vaksinasi door to door, menurut Woro, karena lokasi tersebut merupakan wilayah dengan akses yang cukup sulit dijangkau.
Selain juga untuk mengurangi kerumunan.

Woro Winahyo didampingi dr Aswita Damayanti dan Waka Kesiswaan Wahyu Tri Wijayanto, M.Pd

Program vaksinasi tersebut diharapkan memberikan rasa nyaman dan aman kepada pelajar/santri untuk kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya klaster pelajar.

Terkait pelaksanaan vaksinasi di MTs N 1, pihak Binda bekerjasama dengan Puskesmas Mranti. Didampingi Waka Kesiswaan Wahyu Tri Wijayanto, M.Pd dan Kepala Puskesmas Mranti dr Aswita Damayanti, tim Binda memantau jalannya vaksin tahap dua bagi sekitar 700 siswa di sekolah tersebut.

Sambil menunggui siswa yang tengah divaksin, Woro berpesan agar mereka tetap menerapkan prokes, terutama memakai masker saat beraktivitas di luar.

Berikutnya, Binda kembali akan menggelar vaksinasi massal di Purworejo pada tanggal 4 Desember mendatang. “Diharapkan dengan gencarnya vaksinasi, target 70% warga yang divaksin dosis 1 di Purworejo dapat tercapai sehingga bisa turun jadi Level 1,” pungkasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *