BA.4 dan BA.5, Varian Baru Covid-19 Mulai Merebak, Purworejo Masih Aman

PURWOREJO, Merebaknya kembali kasus Covid-19 dengan varian baru yakni BA.4 dan BA.5 telah membuat sebagian masyarakat resah. Diketahui, dalam beberapa hari terakhir ini kasus Covid-19 kembali mengalami tren kenaikan. Salah satu penyebabnya disebutkan karena munculnya varian BA.4 dan BA.5.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin, Sp.THT-KL, M.Kes saat dikonfirmasi menjelaskan, di Indonesia varian BA.4 dan BA.5 mulai ditemukan pada tanggal 6 Juni 2022.

Terkait tingkat keparahannya dibandingkan varian sebelumnya, Tolkha menyampaikan, “Tidak ada indikasi tingkat keparahan varian ini ini dibanding dengan varian keturunan sebelumnya yakni Omicron,” katanya kepada Purworejo News, Rabu (15/6).

dr Tolkha Amaruddin, Sp.THT-KL, M.Kes

Indikasinya pun, lanjut dr Tolkha, mirip dengan varian Omicron. Yakni sakit tenggorokan, badan pegal, batuk, demam, dan sakit kepala. Dalam beberapa kasus bahkan tidak menunjukkan adanya gejala.

Selain itu penyebaran atau penularannya sangat cepat seperti halnya Omicron. Meski begitu dr Tolkha bersyukur varian BA.4 dan BA.5 sejauh ini belum ditemui di Purworejo.

Dr Tolkha pun memberikan data terkait
tambahan kasus. “Hari ini kasus 0 , total kasus aktif empat, rawat RS 0, rawat isoter 0, isoman empat, selesai isolasi 0, dan meninggal 0,” tulisnya.(Dia)

Tinggalkan Komentar