Ayub Heri Santoso, Orang Pertama di Kantor Kemenag Purworejo yang Raih Doktor

PURWOREJO, Perjuangan keras Ayub Heri Santoso akhirnya membuahkan hasil. Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo itu telah berhasil meraih gelar Doktor Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengukuhan gelar doktor dilakukan dalam sidang Senat dengan agenda tunggal Ujian Terbuka Promosi Doktor Ayub Heri Santoso, Rabu (18/1).

Dalam disertasi berjudul “Manajemen Pendidikan Kewirausahaan di MAN 2 Kulon Progo dan SMKN 1 Purworejo” Ayub meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan penelitiannya di depan para penguji.

Mereka yakni Prof. Dr. Nizar Ali, M.Pd. (Sekjen Kemenag RI, Prof. Dr. Sofyan Anief, M.Si (Rektor UMS), Prof. Dr. Musa Asy’arie (promotor), Prof. Dr. Drs. Waston, M.Hum (co Promotor), Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.S (Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantar Timur), Prof. Dr. Marwan Efendi, MT., Ph.D (Wakil Direktur Pascasarjana UMS), dan Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag (Dekan FAI UMS).

Dr Ayub Heri Santoso

Dalam penelitiaanya Ayub menemukan outcome berupa keunggulan manajemen pendidikan kewirausahaan yang terjadi di MAN 2 Kulon Progo dan SMKN 1 Purworejo. Berdasarkan penelitian, tahapan pengelolaan manajemen pendidikan kewirausahaan POAME (plannning, organizing, actuating, monitoring, dan evaluating) sangat menopang tercapainya kualitas pendidikan kewirausahaan di madrasah.

“Penelitian manajemen pendidikan kewirausahaan di MAN 2 Kulon Progo dan SMKN 1 Purworejo ini menemukan sebuah novelty berupa temuan yang belum pernah ada dalam penelitian sebelumnya,” ujar Ayub.

Penelitian manajemen ini, lanjutnya, merupakan sebuah teeori praktik life skill bercirikan PAI dan technopreneurship melalui tahapan manajemen pendidikan POAME di madrasah.

Ayub saat memaparkan disertasinya di hadapan penguji dan tamu undangan

Kepala Kantor Kementerian Agama H. Fatchurrohman, M.Pd.I yang hadir sebagai tamu undangan menyampaikan bahwa dengan diraihnya gelar doktor diharapkan ilmunya dapat lebih bermanfaat di dunia pendidikan, khususnya di madrasah lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo.

Adapun Ketua PGRI Irianto Gunawan berpesan, sebagai pengurus PGRI ketua bidang Advokasi, Bantuan Hukum dan Perlindungan Profesi PGRI kabupaten Purworejo Ayub diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan mutu di bidang pendidikan.

Sedangkan Kepala SMKN 1 Purworejo Dra. Indriati Agung Rahayu, M.Pd sebagai objek penelitian disertasi yang hadir sebagai tamu undangan, berharap agar hasil riset disertasi dapat bermanfaat untuk perngembangan di sekolahnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar