An-Nawawi Halal Center Beri Pelatihan  Penyembelihan Ayam Sesuai Syariat 

PURWOREJO, Untuk memastikan produk daging ayam yang dihasilkan dari pengusaha ayam potong betul-betul halal, karyawan suplayer ayam potong Lintang Broiler, Desa Kentengrejo Kecamatan Purwodadi, mengikuti pelatihan pemotongan hewan sesuai dengan syariat Islam. Pelatihan diadakan oleh Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) An-Nawawi Halal Center,  Rabu (17/8).

Ketua LP3H An-Nawawi Halal Center, M Musyafa, SH menjelaskan, daging ayam merupakan salah satu bahan baku produk makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Karenanya, proses penyembelihan menjadi penting untuk didampingi agar daging yang dihasilkan betul-betul halal. 

“Ini adalah agenda pertama kami melakukan sosialisasi tata cara penyembelihan hewan. Nantinya akan terus kami kembangkan untuk memastikan makanan yang beredar betul-betul halal, mulai dari bahan bakunya hingga proses pengolahannya,” lanjut Musyafa.

Kegiatan tersebut juga untuk mendukung program pemerintah di tahun 2024 yakni seluruh produk UMKM sudah bersertifikasi halal. Selain itu untuk mendorong produk dalam negeri.

Pelatihan menyembelih ayam berlangsung di kandang Lintang Broiler

“Daging ayam hukum asalnya memang sudah halal. Tapi kalau proses penyembelihannya tidak sesuai tata cara Islam, bisa jadi haram,” tegasnya.

Selain paparan teoritis, para peserta juga mempraktekkan cara menyembelih ayam yang sesuai syariat Islam.

Pemilik Lintang Broiler, Parjono, mengaku senang dengan adanya pelatihan tersebut.  Menurutnya, pelatihan penting dilakukan sebagai kontrol terhadap kehalalan produk bahan makanan yang dihasilkan.

“Untuk Lintang Broiler sendiri setiap hari memasok 800-1200 kilogram daging atau sekitar 500 ekor ayam yang diedarkan di Kabupaten Purworejo,” katanya.

Parjono berharap para pelanggan semakin mantap setelah mengetahui bahwa produksi di Lintang Broiler mendapatkan pendampingan kehalalan dari LP3H An-Nawawi. Dampaknya, usaha ayam potong yang dikelolanya diharapkan dapat semakin berkembang. (Dia)

Tinggalkan Komentar